PENERAPAN POHON PELACAKAN DALAM MENCARI LINTASAN YANG DAPAT DILALUI OLEH SEEKOR SEMUT PADA BIDANG KARTESIAN

Admin

SKRIPSI PENERAPAN POHON PELACAKAN DALAM MENCARI LINTASAN YANG DAPAT DILALUI OLEH SEEKOR SEMUT PADA BIDANG KARTESIAN (Lengkap Sampai Daftar Pustaka dan Source Code)  

1.1       Latar Belakang


Pohon pelacakan adalah suatu pohon yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan persoalan pada bidang ilmu Artificial Intelligence (AI), dimana akar dari pohon berupa keadaan awal dari permasalahan dan cabang (dahan) berupa keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dari keadaan sebelumnya serta daun merupakan keadaan akhir dari permasalahan tersebut. Keadaan-keadaan akhir tersebut dapat merupakan solusi dari permasalahan ataupun mungkin saja tidak ada yang dapat dijadikan solusi dari permasalahan.
Salah satu contoh persoalan AI yang memerlukan penerapan pohon pelacakan adalah dalam mencari lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian. Persoalan ini dapat didekripsikan sebagai berikut, diketahui seekor semut akan bergerak dari titik pusat (0,0) ke titik A(m,n). Semut tersebut hanya boleh membelok pada titik-titik grid dan selalu melangkah sejajar dengan sumbu-x atau sumbu-y. Semut tersebut tidak boleh melintasi lintasan yang telah pernah dilaluinya dan tidak boleh melintasi titik yang telah pernah dilaluinya. Setelah itu, disediakan sederetan ketentuan yang membatasi pergerakan semut tersebut. Pertanyaannya adalah bagaimana bentuk lintasan-lintasan yang dapat dilalui oleh semut tersebut dengan menggunakan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan di atas.
Penulis merasa bahwa persoalan ini sangat menantang dan sangat menarik untuk dipelajari. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir dengan judul “Penerapan Pohon Pelacakan dalam Mencari Lintasan yang Dapat Dilalui oleh Seekor Semut pada Bidang Kartesian”.

1.2       Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah penerapan pohon pelacakan dalam menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.

1.3       Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang dapat menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu :
1.      Untuk membantu pemahaman mata kuliah Artificial Intelligence, terutama mengenai penerapan pohon pelacakan.
2.      Perangkat lunak dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.


1.4       Pembatasan Masalah
Ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini dibatasi seperti berikut ini:
  1. Besar koordinat Kartesian dibatasi minimal -10 dan maksimal +10 baik untuk sumbu x maupun sumbu y.
  2. Ketentuan atau aturan yang dapat ditetapkan yaitu:
    1. Semut tidak boleh melintasi atau menempati posisi rintangan. Rintangan dibatasi maksimal 20 buah.
    2. Semut harus melintas pada posisi-posisi yang telah ditetapkan. Posisi-posisi yang harus dilalui dibatasi maksimal 20 buah.
    3. Kuadran mana saja yang dapat dilalui (Kuadran I, II, III atau IV). Pilihan bisa lebih dari satu kuadran.
    4. Batasan pergerakan maksimum yang dapat dilalui semut dibatasi maksimal 20.
  3. Posisi awal, posisi tujuan, posisi rintangan dan posisi yang harus dilalui semut harus berada dalam batasan koordinat Kartesian.
  4. Perangkat lunak akan menampilkan semua solusi-solusi yang mungkin.
  5. Jika tidak terdapat solusi, maka perangkat lunak akan menampilkan pesan pemberitahuan.


1.5              Metodologi Penyelesaian Masalah
            Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain:
  1. Membaca dan mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan Artificial Intelligence (AI).
  2. Mempelajari mengenai penerapan pohon pelacakan untuk menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian.
  3. Merancang suatu perangkat lunak penerapan pohon pelacakan untuk menyelesaikan persoalan pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut pada bidang Kartesian dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
  4. Menguji perangkat lunak dan memperbaiki kesalahan (error) yang muncul.


Pengolahan SPSS Penelitian, Pengolahan SPSS Statistik, Olah SPSS, JASA Pengolahan SPSS Statistik, Jasa Pengolahan SPSS Skripsi, Jasa Pengolahan SPSS SPSS, Analisis SPSS Penelitian, 
widget by : http://www.rajakelambu.com
Previous
Next Post »
0 Komentar