41. PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PT. KAI (SAMPAI DAFTAR PUSTAKA)

Admin

PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PT. KAI "STASIUN KOTA BARU" MALANG 




BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
Sarana transportasi memegang peranan yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan ekonomi. Tanpa ditunjang oleh sarana transportasi dalam kegaitan ekonomi, tentu saja tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Peranan jasa transportasi menjadi sangat penting bagi perekonomian karena secara langsung dapat membuka serta mendukung kegiatan perekonomian. 

Seiring dengan kemajuan teknologi dibidang transportasi dewasa ini, sarana-sarana pengangkutan semakin berkembang pesat. Demikian juga perusahaan-perusahaan dibidang transportasi semakin banyak bermunculan, baik itu perusahaan perseorangan yang bagi perusahaan sejenis, akan mempertajam persaingan dalam menarik konsumen.
Bagi perusahaan pengankutan darat seperti angkutan kereta api peningkatan kwalitas pelayanan sangat besar pengaruhnya terhadap keputusan pengguna jasa dalam menggunakannya. Penambahan sarana fisik dan perubahan system pelayanan kearah efektifitas dan efisien akan memberikan keputusan tersendiri bagi pengguna jasa kereta api.
PT. KAI sebagai perusahaan transportasi darat tidak bisa lepas dari persaingan. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menurut KAI akan dapat diperkecil dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pengguna jasa, serta berusaha memenuhi apa yang pengguna jasa harapkan dengan cara memuaskan dari para pesaingnya.
Hal utama yang harus diprioritaskan dalam kondisi persaingan yang ketat adalah kepuasan pengguna jasa agar dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Kepuasan pengguna jasa ditentukan oleh kwalitas pelayanan yang baik, sehingga jaminan kwalitas pelayanan menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan.
perusahaan sendiri dirasa semakin penting, artinya dalam upaya meningkatkan efisiensi usaha suatu perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi khususnya mengenai kinerja karyawan yaitu dengan cara membina hubungan baik dengan bawahan yang salah satunya yaitu melalui proses komunikasi agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, sehat fisik dan mental serta memiliki ketrampilan yang bagus.
Keberhasilan dalam mencapai segala sesuatu merupakan harapan bagi semua perusahaan. Untuk itu PT. KAI hendaknya melaksanakan komunikasi guna menunjang dan bahkan sangat diperlukan bagi terlaksananya tujuan organisasi. Komunikasi yang efektif sangat penting bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan manajemen.
Komunikasi juga mempunyai faktor yang sangat penting dalam menjaga tingkat kinerja karyawan. Sebagaimana yang dijelaskan oleh (Gitosudarmo,2000:213)”Oleh karena kompleksnya proses komunikasi, permasalahan dapat muncul pada tingkat individu, kelompok, maupun organisasi”. Selain itu (Keith Davis dan John W Newstrom,1985:151) juga mengemukakan bahwa “ Apabila komunikasi efektif, ia dapat mendorong timbulnya prestasi lebih baik dan kepuasan kerja”.
Komunikasi yang efektif merupakan sesuatu yang penting bagi seorang pemimpin. Paling tidak untuk dua alasan(Purwanto,1997:20): pertama, komunikasi merupakan pertukaran informasi. Kedua, komunikasi membantu sekelompok anggota dalam organisasi yang terpisah dari anggota lain. Komunikasi adalah proses pencapaian suatu pesan dari seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik langsung secara lisan maupun tidak langsung melalui media.
Selain itu adapun langkah lain yang harus dilakukan oleh PT. KAI guna meningkatkan kinerja bawahannya adalah dengan pemberian kompensasi yang tepat sesuai dengan prestasi kerjanya. Salah satu tujuan utama seseorang bekerja pada suatu perusahaan adalah karena adanya kompensasi. Dengan kompensasi yang diterimanya, karyawan ingin dapat memenuhi kebutuhannya secara minimal, misalnya kebutuhan makan, pakaian dan perumahan.
Suatu perusahaan mempunyai berbagai kompetensi untuk menarik, mempertahankan orang-orang serta memotivasi agar memperoleh kebutuhan pribadi dan organisasi. perusahaan dapat menciptakan iklim kerja untuk dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.
Kompensasi perlu diberikan untuk setiap hasil kerja karyawan dan pemberian tunjangan prestasi diberikan pada karyawan sebagai anggota organisasi berdasarkan kinerja karyawan.
Kinerja karyawan tidak terlepas dari kinerja perusahaan karena baik tidaknya tergantung pada upaya perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Dapat dijelaskan bahwa untuk memelihara karyawan agar dapat bertahan loyal terhadap perusahaan perlu melakukan komunikasi yang efektif serta pemberian kompensasi. Kompensasi dianggap penting oleh para karyawan karena pemberian kompensasi tersebut mempunyai dampak yang sangat penting atas perilaku dan prestasi kerja. Pemberian kompensasi secara tepat sesuai dengan kewajiban yang telah diberikan karyawan pada perusahaan sangat penting sekali bagi individu. Karena besarnya kompensasi mencerminkan ukuran nilai karya mereka diantara para karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat.

Karyawan yang cakap, mampu, dan terampil belum menjamin kinerja yang baik kalau moral kerja dan kedisiplinannya rendah, mereka baru bermanfaat dan mendukung terwujudnya tujuan perusahaan jika mereka berkeinginan tinggi untuk berprestasi dan karyawan yang kurang mampu, kurang cakap dan tidak terampil akan mengakibatkan pekerjaan tidak terselesaikan tepat pada waktunya sehingga dapat merugikan perusahaan.
Oleh karena itu kinerja seorang karyawan harus sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri agar tercapai keefektifan dan keefisienan tercapainya tujuan, dan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas maka PT. KAI perlu mengadakan komunikasi yang efektif serta pemberian kompensasi yang sesuai dengan kinerja bawahan.

 



Pengolahan SPSS Penelitian, Pengolahan SPSS Statistik, Olah SPSS, JASA Pengolahan SPSS Statistik, Jasa Pengolahan SPSS Skripsi, Jasa Pengolahan SPSS SPSS, Analisis SPSS Penelitian, 
widget by : http://www.rajakelambu.com
Previous
Next Post »
0 Komentar