Pengaruh Strategi Sensual Advertising Media Televisi Terhadap Motivasi Pembelian Di Ratu Super Market Malang

Admin

SKRISPI Pengaruh Strategi Sensual Advertising Media Televisi Terhadap Motivasi Pembelian Di Ratu Super Market Malang




Kata Kunci    : Sensual Advertising dan Motivasi pembelian
Sensual advertising dimedia televisi sebagai suatu strategi dalam periklanan yang dalam penyampaian pesan-pesannya menggunakan daya tarik seks, berupa daya tarik fisik, bahasa tubuh atau gaya bahasa untuk menginformasikan suatu produk dengan tujuan untuk mengambil perhatian konsumen, sehingga dapat menimbulkan motivasi pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sensual advertising yang dipicu oleh pembawaan, cara berkomunikasi, dan bahasa tubuh terhadap motivasi pembelian produk susu L-Men di Ratu Super Market Malang baik secara simultan maupun parsial untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap motivasi pembelian. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari SPG (sales promotion girl) PT Nutrifood Indonesia tanggal 16 Desember 2008, bahwa penjualan  terbanyak L-Men yang selalu mencapai target setiap bulannya berada di Ratu Super Market.
Metode yang digunakan explanatory research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi sensual advertising media televisi terhadap motivasi pembelian produk susu L-Men di Ratu Super Market Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampel aksidental. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara berkomunikasi (X2), secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelian (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 13,549 ≥ F tabel 2,72 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui sebesar 34,3%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, variabel cara berkomunikasi berpengaruh secara signifikan dengan perhitungan t hitung variabel cara berkomunikasi 2,707t tabel 2,000. Variabel yang dominan pengaruhnya adalah variabel cara berkomunikasi dengan konstribusi sebesar 0,456.
 

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar