Analisis Daya Saing Kualitas Siaran Radio Simfoni FM Terhadap Kepuasan Pendengar. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unversitas Islam Negeri Malang)

Admin
 Analisis Daya Saing Kualitas Siaran Radio Simfoni FM Terhadap Kepuasan Pendengar. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unversitas Islam Negeri Malang 

Kualitas pelayanan merupakan salah satu penentu keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak pada bidang usaha  barang maupun jasa. Terlebih lagi Simfoni FM sebagai satu-satunya organisasi yang bergerak dibidang penyiaran radio di UIN Malang. Ditengah maraknya persaingan radio di Malang yang begitu banyaknya dengan dominasi radio yang lebih besar dan radio kampus yang lain, apakah Simfoni FM mampu bersaing merebut hati mahasiswa UIN. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana daya saing kualitas siaran radio Simfoni FM terhadap kepuasan pendengar mahasiswa UIN Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari Kehandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Perhatian (X3), Jaminan (X4),  dan Bukti Fisik (X5). Variabel terikatnya adalah Kepuasan Pendengar (Y). pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung  59,781 > F table 2,31 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05 selain itu nilai nilai Adjusted R square yang sebesar 0,748 yang artinya besarnya variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 74,8%. Dan dari uji t diketahui bahwa secara parsial variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Perhitungan t hitung variabel Kehandalan (X1) sebesar 2,744 > t tabel 1,984, Daya Tanggap (X2) sebesar -2,544 > t tabel 1,984, Perhatian (X3) sebesar 4,952 > t tabel 1,984, Jaminan (X4) sebesar 2,255 > t tabel 1,984, Bukti Fisik (X5) sebesar 4,444 > t tabel 1,984. Variabel yang dominan adalah variabel Perhatian (X3) dengan koefisien regresi sebesar 0,704 lebih besar dari variabel yang lain. Dari hasil penelitian, daya saing simfoni FM dilihat dari segi frekuensi dirasa telah mampu bersaing dengan radio-radio kampus sejenis yang mana dengan kekuatan daya pancar sebesar 300 Watt, dengan radius pancar efektif sejauh 20 Km, sedang radio kampus yang lain hanya sebesar 250 Watt, sehingga dapat menjangkau masyarakat luas terutama mahasiswa UIN Malang sebagai responden. Strategi yang telah dilakukan oleh radio simfoni FM dengan cara selalu meng-update lagu-lagu terbaru, serta dengan mengadakan pelatihan yang terkait Skill dan kapasitas penyiar dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan.

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar