analisis Pengaruh Laba Bersih Akuntansi, Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA) Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Admin
Analisis Pengaruh Laba Bersih Akuntansi, Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA) Dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstrak

Harga saham dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kinerja keuangan. Kinerja keuangan ini dapat dilihat dari laba bersih perusahaan serta rasio keuangan seperti rasio profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laba bersih akuntansi, return on equity, return on assets, dan earnings per share baik secara parsial maupun simultan terhadap harga saham perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini mencakup 37 perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 – 2012, dengan 27 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan dari masing-masing sampel yang dipublikasikan di situs www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear berganda, dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik. Variabel independen yang digunakan adalah Laba Bersih Akuntansi, Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), dan Earnings Per Share (EPS) dengan harga saham sebagai variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Laba Bersih Akuntansi, Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), dan Earning Per Share (EPS) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial, tampak bahwa hanya variabel Laba Bersih Akuntansi dan Earnings Per Share yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Sementara variabel Return on Equity (ROE) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan variabel Return on Assets secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham.
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar