Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Pada Pemerintah Kabupaten Karo

Admin
 Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Pada Pemerintah Kabupaten Karo
 (Lengkap Sampai Daftar Pustaka)
Abstrak 
 
BAB IV
ANALISIS DAN EVALUASI DATA
A. Analisis Masalah Yang Dihadapi
Berdasarkan proses pemungutan pajak reklame yang dilakukan oleh Bagian Hukum dan Orta Setda Kabupaten Karo, permasalahan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
1. Masih kurangnya kesadaran wajib pajak dalam melunasi kewajiban membayar pajak reklame.
Hal ini disebabkan karena masyarakat belum sepenuhnya menyadari bahwa pajak tersebut digunakan untuk kepentingan pembangunan di daerah sendiri.
2. Adanya wajib pajak yang tidak mendaftarkan izin penyelenggaraan reklame. Masalah ini biasanya terjadi pemilik reklame berupa merek usaha / toko dan juga pemilik reklame berupa jasa (seperti: dokter, pengacara dan sebagainya). Hal ini dikarenakan wajib pajak tersebut tidak mengetahui bahwa merek usaha maupun jasanya termasuk objek pajak reklame dan dikenakan
pajak reklame.
B. Upaya Penyelesaian Masalah
Untuk mengatasi masalah diatas, upaya-upaya yang telah dan sedang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan atau yang ditunjuk adalah sebagai berikut:
1. Melakukan sosialisasi atas Peraturan Daerah mengenai pajak reklame kepada masyarakat, melalui himbauan-himbauan baik secara langsung yaitu dengan mendatangi wajib pajak yang belum melunasi pajaknya, juga secara tidak langsung yaitu dengan memasang spanduk-spanduk, selebaran-selebaran atau memasang Billboard yang fungsinya menghimbau masyarakat untuk membayar pajak daerah, dalam hal ini pajak reklame.
2. Melakukan pendataan terhadap objek pajak reklame dengan melakukan pemeriksaan ke lapangan sehingga dapat diketahui objek-objek pajak reklame yang belum terdaftar. Kemudian dari hasil pemeriksaan tersebut, dapat ditindak lanjuti dengan memberikan Surat Teguran agar wajib pajak tersebut segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan izin atas reklame yang dipasangnya.


KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar