Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha

Admin
Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha

Perusahaan yang memiliki basis pelanggan yang mempunyai loyalitas merek yang tinggi, dapat mengurangi biaya pemasaran perusahaan ka rena biaya untuk mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Keuntungan kedua, loyalitas merek yang tinggi dapat meningkatkan perdagangan. Loyalitas yang kuat akan meyakinkan pihak pengecer untuk memajang di rak - rakny a, karena mereka mengetahui bahwa para pelanggan akan mencantumkan merek - merek tersebut dalam daftar belanjaannya. 
Keuntungan ketiga, dapat menarik minat pelanggan baru karena mereka memiliki keyakinan bahwa membeli produk bermerek terkenal minimal dapat m engurangi risiko. Keuntungan keempat adalah loyalitas merek memberikan waktu, semacam ruang bernafas, pada suatu perusahaan untuk cepat merespons gerakan - gerakan pesaing. Jika salah satu pesaing mengembangkan produk yang unggul, seorang pengikut loyal akan memberi waktu pada perusahaan tersebut agar memperbaharui produknya dengan cara menyesuaikan atau menetralisasikannya. 

Berikut penjelasan Susanto dan Wijanarko Himawan (2004 : 6) tentang tingkatan loyalitas terhadap merek, yaitu : 
1. Tingkatan yang paling da sar adalah pembeli loyal, yang sama sekali tidak tertarik pada merek tersebut dan bagi mereka merek apapun dianggap memadai sehingga merek memainkan peran yang kecil dalam keputusan pembelian. 
2. Tingkat kedua adalah para pembeli yang puas dengan produk atau setidaknya tidak mengalami kekecewaan, tipe ini bisa disebut sebagai pembeli kebiasaan ( habitual buyer ). 
3. Tingkat ketiga berisi orang - orang yang puas, namun merek memikul biaya peralihan ( switching cost ) serta biaya berupa waktu, uang atau resiko kinerja  
Previous
Next Post »
0 Komentar