Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Makassar

Admin
FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI KOTA MAKASSAR


1 BAB 
1 PENDAHULUAN 
1.1. L atar B elakang 

Perkembangan dunia usaha yang sema kin pesat dewasa ini telah di warnai dengan berbagai macam persaingan dalam usaha penjualan sepeda motor. M elihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis penjualan sepeda motor semakin dituntut untuk mempunyai st rategi yang sangat tepat dalam m emenuhi volume target penjualan . M engingat perkembangan teknologi y ang semakin canggih dan dinamis, m anusia di tuntut dengan cepa t dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. 

Menurut Kotle r (2002) dalam meningkatkan persaingan masing - masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah - ubah sesuai dengan perilaku pembelian. Perilaku pembelian seseor a ng da pat dikatakan sesuatu yang unik k a rena preferensi dan sikap terha dap obyek setiap orang berbeda. S elain itu konsumen juga berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan da n yang di butuhkan juga berbeda. 

M asih terdapat banyak faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. P rodusen perlu memahami perilaku konsumen terhadap produk atau 2 merek yang ada di dunia pasar, selanjutnya perlu di lakukan berbagai cara untuk membuat konsumen tertarik terhadap produk y ang di hasilkan. Pengembangan model perilaku konsumen dengan menetapkan tiga faktor y ang berpeng aruh terhadap perilaku konsumen. F aktor pertama yang berpengaaruh pada konsumen adalah stimuli. Stimuli menunjukkan penerimaan informasi oleh konsumen dan pempr osesan informasi terjadi saat konsumen mengevaluasi informasi dari periklanan, teman atau dari pengalaman sendiri. F aktor ke dua berasal dari hasil penelitian mengenai faktor - faktor yang mempengaruhi proses atau keputusan pembelian telah banyak dilakukan dan faktor ketiga ad a lah perlu mengetahui sikap konsumen atas produk. Melalui riset ini akan dianalis m e ngenai keputusan konsumen terhadap pembelian sepeda motor Yamaha , dimana penulis melakukan penelitian pada jenis sepeda motor Yamaha , yaitu sebanyak 36. 287 unit ( Samsat, 2012) . 


Alasan penulis mengambil je nis sepeda motor Yamaha yakni karena jenis sepeda motor Yamaha ini memiliki keunggulan dan paling banyak diminati atau dibeli oleh masyrakat . Dimana sepeda motor merek Yamaha terbukti memiliki nilai jual tinggi, menggunakan sistem injeksi ka rburator yang irit bahan bakar, sistem stater . (Anonim, 2013). 

Melihat dari keunggulan sepeda motor Yamaha, maka perlu dilakukan penilaian mengenai keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Yamaha. Faktor ya ng mempengaruhi keputusan 3 konsumen dalam membeli sepeda motor dengan mengacu d ari teori yang dikemukakan oleh Tjiptono dkk (200 3 ), dimana faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor adalah dili hat dari nilai kualita s, nilai emosional, nilai fungsional dan nilai sos ial. keempat variabel tersebut berpengaruh terhadap pembelian sepeda motor di Makassar 

Previous
Next Post »
0 Komentar