Penerapan Activity Based Costing System Sebagai Dasar Penetapan Tarif Jasa Rawat Inap (Studi Kasus Pada Rsud. H. A. Sulthan Daeng Radja Bulukumba)

Admin
Penerapan Activity Based Costing System Sebagai Dasar Penetapan Tarif Jasa Rawat Inap (Studi Kasus Pada Rsud. H. A. Sulthan Daeng Radja Bulukumba)

Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang penentuan tarif jasa rawat inap dengan menggunakan activity based costing system, dapat dijadikan sebagai acuan dalam menetapkan tarif jasa rawat inap pada RSUD. H. A. Sulthan Daeng Radja Bulukumba dan sebagai alat pembanding dengan tarif rawat inap yang ditetapkan selama ini, serta menjadi salah satu masukan yang memberikan informasi mengenai activity based costing system terutama dalam penerapannya pada sebuah rumah sakit yang orientasi utamanya adalah pelayanan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan pada RSUD. H. A. Sulthan Daeng Radja yang terletak di Jalan Srikaya No. 17 Kelurahan Caile Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu analisis taruf rumah sakit saat ini, menetapkan metode biaya berdasarkan activity based costing, kemudian membandingkan tarif rawat inap rumah sakit berdasarkan activity based costing dengan realisasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan tarif rawat inap dengan menggunakan activity based costing system, apabila dibandingkan dengan tarif yang digunakan oleh rumah sakit maka activity based costing system memberikan hasil yang lebih besar untuk Kelas Dahlia, Kelas Teratai, Kelas Anggrek, Kelas Utama dan memberikan hasil yang lebih kecil untuk Kelas I, Kelas II, Kelas III. Hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk. Pada activity based costing system, biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada banyak cost driver. Sehingga dalam activity based costing system, telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas kesetiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas

 
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar