Pengaruh Quality Of Work Life (Qwl) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Sumber Murni Lestari

Admin
Pengaruh Quality Of Work Life (Qwl) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Sumber Murni Lestari


Pola kehidupan masyarakat telah semakin maju dan kompleks, dengan tingkat kebutuhan yang semakin meningkat yang terkadang mengharuskan seorang istri harus ikut mencari nafkah. Dengan kondisi seperti ini, merupakan sesuatu yang kurang ideal untuk sebuah rumah tangga karena harus meninggalkan anak untuk sem entara waktu selama masa jam kerja kantor. Dari dalam beberapa tahun jumlah tenaga kerja wanita semakin menngkat setiap tahun namun ironisnya keadaan ini seringkali bertolak belakang dari kesejahtraan dan perlindungan yang mereka dapatkan. Data terbaru, Ba nk Dunia menyebutkan bahwa 4 dari 10 pekerja global saat ini adalah perempuan, namun secara rata - rata setiap satu dolar yang dihasilkan laki - laki, perempuan hanya menghasilkan 80 sen (suara merdeka.com).

Karyawan atau SDM dalam sebuah perusahaan adalah aset yang sangat penting dan paling vital, karena SDM mempunyai peranan sebagai penghasil produk barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Kenyamanan / kepuasan kerja para karyawan sangat berdampak pada tingkat produktivitas.. bekerja pada suatu perusahaan bagi karyawan bukan hanya sekedar mencari nafkah, melainkan sudah terkait dengan harkat dan matabat karyawan sendiri. Mencari nafkah dengan cara bekerja merupakan pencerminan / usaha seorang pekerja untuk tidak bergantung pada orang lain dengan tujuan memenuhi kepuasan individu baik secara fisik maupun kepuasan secara psikologi.


Maka dari itu perusahaan pada saat ini harus memperhatikan hal tersebut, tidak hanya memberikan imbalan secara fisik kepada karyawan tetapi harus memperhatikan imb alan secara non fisik, seperti kepuasan keamanan, sosial, dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir dalam sebuah perusahaan tersebut untuk menjadikan dan menimbulkan suatu komitmen pada karyawan. Dalam hal ini penerapan teory Quality Of Work Life (QWL) dapat aplikasikan . Quality Of Work Life (QWL) mencoba untuk memperbaiki kualitas kehidupan para pekerja, tidak dibatasi pada perubahan konteks suatu pekerjaan tapi juga termasuk memanusiakan lingkungan kerja untuk memperbaiki martabat dan harga diri pekerja . 

Dewasa ini banyak perusahaan menganggap manusia hanya sebagai salah satu faktor produksi dan menganggap perkembangan teknologi dalam produktivitas jauh lebih penting dibandingkan dengan unsur manusia yang terdapat di dalamnya. Upaya yang dapat dil akukan perusahaan dalam dunia kerja untuk memenuhi kebutuhan karyawan yaitu dengan memperhatikan kualitas hidup kerja atau dikenal dengan istilah Quality Of Work Life ( QWL ). Penekanan penerapan QWL di letakkan pada karyawan tingkat rendah yang melakukan tindakan teknikal dan opersioanal, meskipun konsep QWL mencakup seluruh lapisan dalam suatu organisasi atau perusahaan Pada saat ini kualitas kehidupan kerja merupakan masalah utama yang patut mendapatkan perhatian ( Lewis dkk, dalam Yusuf 2010 ). 

Adanya kualitas kehidupan kerja juga menumbuhkan keinginan karyawan untuk tetap tinggal dan bertahan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Hal itu juga dapat dinilai bahwa karyawan menunjukkan rasa puas dirinya terhadap perlakuan perusahaan terhadap dirinya . Kepuasan dapat dipandang sebagai
Previous
Next Post »
0 Komentar