POLA PENGELOLAAN USAHA KOMUNITAS MUSIK “INDIE”

Admin

POLA PENGELOLAAN USAHA KOMUNITAS MUSIK “INDIE”

Pada masa Orde Baru masih berkibar kegiatan perekonomian di Negara Indonesia seperti dibelenggu oleh sebuah pasungan yang menyebabkanberbagai ketimpangan pasar. Kebijakan-kebijakan pemerintah dalam mengatur perekonomian, tidak jarang selalu mengorbankan pasar-pasar kecil denganhanya beracuan pada keberadaan sebuah identitas pasar yang dinilai mampu lebih banyak mendatangkan keuntungan. Bentuk-bentuk usaha yang bergerak dalam sektor perkebunan ataupun pertanian dan lainnya yang pada mulanya mendominasi, dengan segera tergeser oleh kehadiran bentuk-bentuk usahayang bersifat modern seperti industri migas, ekspor, impor,dan lainsebagainya.

Dominasi bentuk-bentuk usaha yang lebih modern terhadap usaha-usaha kecil dan menengah merupakan akibat dari kekalahan dalam proses pemasaran yang cenderung dipengaruhi oleh modal.

Kepemilikan modal yang minimdalam usaha-usaha kecil atau menengah memaksa mereka untuk lebih bekerja keras dalam usahanya untuk menjadi pesaing bagi bentuk-bentuk usaha modern. Sedangkan asumsi yang lain adalah bisa jadi hal tersebut memang sebuah unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu yang berharap segala bentuk usaha kecil sirna sehingga pasar secara global hanya dapat dikuasai oleh bentuk-bentuk usaha yang memiliki skala lebih besar atau identik dipegang oleh pihak-pihak yang bermodal besar (kapitalis).

Bentuk-bentuk monopoli pasar tidak hanya tercipta dalam aspek perdagangan saja, melainkan merambah hingga aspek-aspek yang lain seperti pendidikan, budaya, dan lain sebagainya hingga tidak terkecuali adalah aspek hiburan yaitu musik dan gaya hidup.

Musik merupakan bentuk media hiburan yang sedang ngetrend di era yang sekarang ini. Tak ubahnya sebuah serum, trend tersebut mampu merasuk danmenyebar dengan cepat keseluruh organ tubuh dan sekaligus mengkontaminasi setiap orang yang terjangkiti sehingga mereka merasakecanduan untuk menikmatinya berulangkali.

Seperti halnya yang terjadi
pada generasi muda sekarang, trend musik pun dengan cepat mampu merasuki mereka dan dengan cepat pula menjelma menjadi sebuah kebiasaan yangsepertinya wajib mereka konsumsi.

Berbagai macam jenis musik pun bermunculan dari Pop, Rock, Reggae, Ska, dan masih banyak jenis lain yang mungkin masih akan bermunculan.

Tidak hanya dalam jenis musik saja yang menimbulkan keragaman, dengan tidak mau kalah para pengemar dari berbagai macam jenis musik itupunberusaha mengidentitaskan diri mereka sesuai dengan jenis musik yangmereka sukai yang pada akhirnya juga menimbulkan keragaman. Seperti para pengemar musik Punk menamakan diri mereka sebagai Punker, parapengemar musik Reggae menamakan diri mereka sebagai Rasta Mania, begitu
juga bagi mereka-mereka yang suka musik Rock dengan tak mau kalah�

Previous
Next Post »
0 Komentar