PENERAPAN BUDAYA KERJA UNGGULAN 5S (SEIRI,  SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) DI  INDONESI

Admin
PENERAPAN BUDAYA KERJA UNGGULAN 5S (SEIRI,  SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) DI  INDONESIA

SKRIPSI PENERAPAN BUDAYA KERJA UNGGULAN 5S (SEIRI,  SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) DI  INDONESIA

Abstrak
Saat ini Perusahaan/Organisasi dihadapkan pada persaingan yang sangat luar biasa. Perusahaan / Organisasi yang unggul, harus memiliki, dan mengimplementasikan Budaya Kerja Perusahaan Organisasi yang unggul.

Budaya Kerja Perusahaan /Organisasi yang diakui paling unggul di dunia adalah Budaya Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke).

Budaya Kerja 5S mudah dimengerti, tetapi adalah sangat sulit diterapkan. Di Indonesia sampai saat ini dari pengamatan, sangat sedikit yang berhasil menerapkan Budaya Kerja 5S, menjadi kebiasaan dan sikap kerja.

Penelitian-penelitian mengenai keberhasilan penerapan Budaya Kerja 5S di Indonesia sangat minim sekali. Berdasarkan hal tersebut, penulis memperkirakan masalah kesuksesan penerapan budaya kerja 5S padaperusahaan/organisasi di Indonesia, akan serupa dengan negara lain yang telah sukses, yaitu bahwa “Kesuksesan Penerapan Budaya Kerja 5S” (Y), dipengaruhi oleh “Dukungan Manajemen Puncak” (X1), “Perencanaan yang
Baik” (X2), “Pembentukan Struktur Manajemen yang Efektif” (X3), “Proyek Perintis” (X4), “Pelatihan yang Terus Menerus ke Seluruh Tingkat Karyawan” (X5), “Komunikasi yang Efektif” (X6) dan “Membangun Kemitraan antar Bagian maupun Personal” (X7). Hasil akhir dari kesuksesan penerapan 5S, antara lain: Menurunkan pemborosan, Meningkatkan mutu dan produktivitas, Menghindari kecelakaan kerja, Meningkatkan kinerja tim, Absensi yang rendah, Peningkatan dan perbaikan kinerja yang berkelanjutan, Peralatan kantor dan lokasi kerja yang teratur, rapi dan bersih, Gugus mutu yang berjalan dengan baik, Hasil
produksi yang berkualitas baik, Keunggulan untuk mempunyai karyawan yang bermental maju dan bersikap dan berperilaku positif serta Langkah awal menuju perusahaan kelas dunia.

Kata Kunci: Budaya kerja, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar