.

Skripsi Sistem Pembuangan Air Limbah Rumah Potong Hewan dan Kualitas Air Sumur Gali

Admin
Sistem Pembuangan Air Limbah Rumah Potong Hewan dan Kualitas Air Sumur Gali

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Undang-undang No.23 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Bab V Pasal 16 ayat 1 menyatakan bahwa “Setiap penanggung jawab usahadan/atau kegiatan wajib melakukan pengolahan limbah hasil usaha dan/atau kegiatan.
Menurut Nugraheni, (2009), menyebutkan banyak pemilik RPH tidak memiliki sistem pengolahan air limbah hingga akhirnya RPH membuang kotoran dan darah hewan ke sungai, diungkapkannya, limbah kotoran dan darah hewan yang dibuang ke sungai bisa menyebabkan berbagai penyakit bagi manusia yang menggu nakan air sungai tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh PD RPH Kedurus, PD RPH Kedurus terbukti mencemari Kali Surabaya dan belum ada sikapkonkret dari Pemerintah Kota Surabaya, lebih lanjut dikatakan oleh Miftahul Horri, Direktur Administrasi PD RPH Kedurus, membenarkan buruknya instalasi pengo lahan air limbah yang mereka miliki.Dari hasil monitoring Perum Jasa Tirta,diketahui bahwa RPH itu membuang limbah sebesar 2821 mg/L untuk kadar BOD dan 6105,9 mg/L untuk kadar COD.
Perusahaan Daerah Rumah Potong hewan Kota Medan sebagai kegiata dalam naungan Pemerintah Kota Medan yang berada di Kecamatan Medan Deli tepatnya di Kelurahan Mabar Hilir berdiri dari tahun 1984 sampai sekarang. PD RPHberperan dalam melayani masyarakat dalam hal pemotongan hewan, pengadaan dan penyaluran daging yang sehat dan bermutu. Jenis hewan yang termasuk dalam


Previous
Next Post »
0 Komentar