.

Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Bumi ( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)

Admin
SKRIPSI PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI BUMI ( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)


BAB I 
PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Permasalahan 

Penelitian Di dalam suatu perusahaan diperlukan manajemen yang baik demi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen mencakup fungsi - fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penyusunan personalia. Didalam suatu perusahaan terdiri dari beberapa manajemen - manajemen yang terintegrasi, seperti manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan sebagainya. Dan manajemen - manajemen tersebut merupakan satu kesatuan dalam perusahaan . Setiap manajemen mempunyai tugas masing - masing sesuai dengan bidangnya., dan harus saling berhubungan dengan manajemen yang lainnya. Seorang manajer pemasaran mempunyai tugas dalam menyusun strategi pemasaran . 

Strategi pemasaran merupakan rencana yang me njabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Dalam penerapannya, kerap kali berbagai program pemasaran dipadukan atau dilaksanakan secar a bersama - sama. Namun kadangkala ada juga situasi di mana manajer pemasaran harus memilih program pemasaran yang terbaik dikarenakan keterbatasan anggaran.Dalam menentukan pilihan program pemasaran terbaik, manajer pemasaran harus terlebih dulu menyusun d an mengkomunikasikan strategi pemasaran yang jelas.  commit to user 2 Selama ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan dituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapat melayani seluruh pelanggan dal am pasar tersebut. 

Terlalu banyaknya pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya. Jadi a rti dari pasar sasaran adalah sekelompok pembeli yang berbagi kebutuhan atau karateristik yang sama yang akan d ilayani perusahaan. (Kotler dan Armstrong , 2008 ) Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka perusahaan perlu mengkelompokkan pasar menjadi segmen - segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. 

Dengan adanya hal ini , maka perusahaan terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan saluran distribusi dan periklanan yang sesuai dan efisien serta pasar target ( target market ) . Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran, penempatan produk. Salah satu unsur dalam strategi pemasaran terpadu adalah Bauran Pemasaran, yang merupakan strategi yang dijalankan perusahaan, yang berkaitan dengan penentuan, bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk pada satu segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarannya. 

Marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel atau  commit to user 3 kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin, dalam melakuka n kegiatan pemasarannya. Dengan demikian perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai variabel marketing mix tersebut, untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif. 

Bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran. (Kotler dan Armstrong, 2008) Unsur atau variabel bauran pemasaran ( Marketing mix ) adalah sebagai berikut strategi produk, strategi price/ harga, distribusi , strategi promosi. Marketing mix yang dijalankan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan. Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan ba ik keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun keadaan ekstern perusahaan atau yang dikenal dengan lingkungan makro perusahaan. Perusahaan yang berjaya dan mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjulannya ditengah - tengah pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat. 

Adapun penentuan strategi bersaing hendaknya dilakukan dengan mempertimbangkan posisi masing - masing perusahaan dalam pasar. Karena perusahaan yang bes ar mungkin dapat menerapkan stra tegi tertentu yang jelas dan tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya, bukanlah menjadi sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa  perusahaan kecil dengan strateginya sendiri mampu menghasilkan tingkat k euntungan yang sama atau bahkan lebih baik daripada perusahaan besar. Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta str ategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang di tengah - tengah persaingannya. Bumiputera sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, yaitu asuransi jiwa juga harus menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan perusahaan asuransi l ainnya. 

Agar Bumiputera dapat bertahan dan berkembang dengan baik maka Bumiputera harus dapat menciptakan kemampuan bersaing baik dalam hal jenis produk, harga maupun segmen yang dituju sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing dan memenangka n persaingan. Dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah strategi pemasaran yang dijalankan oleh Bumiputera dalam menghadapi persaingan di dunia asuransi. Oleh karena itu penulis memilih judul Tugas Akhir , ”PERANAN STRATEGI PEMASA RAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI BUMI PUTERA” . 

B. Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah ini adalah, Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BUMI PUTERA untuk meningkatkan penjualan?  commit to user 5 

C. Tujuan Peneli tian 

Tujuan penulisan penelitian dengan judul di atas adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan BUMI PUTERA dalam upaya meningkatkan penjualan. 

D. Manfaat Penelitian 
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diharapkan akan mempe roleh manfaat sebagai berikut : 
1. Bagi Penulis 
a. Dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman dibidang pemasaran dan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dari mata kuliah yang sudah diberikan sebelumnya. 
b. Sebagai tambahan pengalaman dan sarana berlatih u ntuk memberi gambaran yang akan datang dalam memasuki dunia kerja. 

2. Bagi Perusahaan Penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbang an dalam pengambilan keputusan terutama tentang penerapan strategi pemasaran. 

3. Bagi Pihak Lain Dari hasil penelitian ini dih arapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi atau kajian bagi penelitian - penelitian berikutnya. 

E. Metodologi Penelitian 

1. Ruang Lingkup Penelitian  
Lokasi penelitian dilakukan di BUMI PUTERA ya ng terletak di JL Slamet Riyadi No. 12, Surakarta. 

2. Sumber Data 
a.  ata Primer Merupakan keterangan atau fakta yang diperoleh langsung dari objek penelitian, dengan melakukan wawancara ke tempat penelitian mengenai strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bumi Putera. 
b. Data Sekunder Adalah d ata yang diperoleh dalam bentuk s udah jadi, berupa data - data yang sudah dikumpulkan oleh pihak lain, dan dari literatur buku - buku yang berkaitan dengan topik penelitian, dalam hal ini diambil dari dokumen perusahaan . Data tersebut yaitu: gambaran umum perusahaan, dan struktur organisasi. 

3. Teknik Pengumpulan Data 
a. Observasi
Melaksanakan pengamatan langsung obyek yang diteliti. Dengan cara datang langsung ke lokasi penelitian, yaitu di Bumi Putera. 

b. Wawancara 
Metode pengumpulan data dengan jalan t anya jawab langsung kepada karyawan Bumi Putera . Misalnya bertanya tentang :
1) Bagaimana strategi pemasaran yang d iterapkan oleh Bumi Putera ? 
2) Apakah dampak dari strategi pemasar a n yang telah ditetapkan ?   

c. Studi pustaka
M engumpulkan data dengan membaca buku - buku yang berhubungan dengan masalah yang dibaha s sebagai bahan reverensi yang relevan. 

d. Melihat dokumen perusahaan 
 Yaitu dengan melihat dokumen Bumi Putera , misalnya mengenai strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, sejarah berdirinya Bumi Putera, dan struktur organisasinya. Serta melihat tugas ak hir peneliti - peneliti lainnya. 

4. Teknik Pembahasan 
Penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif, yaitu dengan mendiskripsikan dan menjelaskan ten tang strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bumi Putera 

Previous
Next Post »
0 Komentar