.

Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)

Admin
STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BUTIK CALISTA( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)


BAB I 

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 

Sejalan dengan kemajuan teknologi yang pesat membuat banyak dampak pada kehidupan masyarakat. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melahirkan berbagai dampak baik dan dampak buruk. Salah satunya pada mode busana khususnya mode busana muslimah. Dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari manusia memerlukan kebutuhan Sandang, Pangan, Papan. Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan sandan g yang juga bearti pakaian adalah salah satu yang sangat dibutuhkan manusia. Dimana pada saat ini telah terdapat banyak sekali pedagang pakaian yang membuka butik busana muslim. 

Tidak hanya butik pakaian biasa sekarang ini juga telah banyak terdapat Butik untuk kaum muslimah yang tersedia dengan berbagai mode. Salah satu fenomena yang cukup menarik perhatian peniliti dan mungkin pula menarik perhatian banyak orang yaitu tren berpakaian saat ini. Dengan adanya beragam kreatif membuat pakaian untuk muslimah semakin cantik dan semakin banyak diminati oleh konsumen khususnya kaum hawa . Namun terlepas dari alasan dibalik fenomenanya, semakin banyak muslimah yang semakin anggun dan cantik memakain baju muslimah modern. Hal ini juga bisa dilihat dari semakin maraknya usaha butik - butik pakaian muslimah modern baik itu perusahaan yang sejenis maupun pedagang - pedagang di  pasar tradisional. 

Dengan keadaan seperti ini, tentu saja tidak menutup kemungkinan butik – butik tersebut akan bersaing ketat dengan butik lainny a yang mengeluarkan produk yang bisa saja sejenis. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi suatu perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Keadaan pasar yang semakin komplek ini, menuntut para produsen atau pengusaha untuk memiliki strategi pemasaran yang baik dan handal, sehingga produk - produknya tidak hanya laku dijual dipasaran, akan tetapi juga mampu bersaing dan bertahan dalam persaingan yang ada. 

Dengan menggunakan strategi pemasaran p ara pengusaha butik juga diharapkan benar - benar mampu mengetahui segala bentuk kekuatan ataupun kelema han produk dan kondisi internal toko , sehingga mampu melakukan manajemen kontrol yang baik dalam segi produksi. Sementara itu para pengusaha j uga harus jeli dalam melihat segala bentuk kesempatan ataupun ancaman yang dapat atau akan dihadapi oleh produknya di pasaran. Terjaganya eksistensi suatu perusahaan diantaranya tergantung pada kemampuan perusahaan tersebut untuk melihat peluan g - peluang pa sar yang ada, serta mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman pasar dari produk lain yang sejenis. Kegiatan promosi suatu perusahaan dilakukan sebaik mungkin yaitu dengan direncanakan, diarahkan, dikendalikan dan dianggarkan sesuai dengan kondisi keuangan di suatu perusahaan tersebut. Dengan adanya upaya kegiatan promosi itu berarti bahwa ada upaya peningkatan penjualan pada suatu perusahaan. 

Meningkatnya penjualan itu juga bisa disebut meningkatnya kegiatan Jual – Beli. Kegiatan jual beli ini konsumen ata upun pelanggan dapat saling melengkapi satu sama lain dengan cara tukar menukar barang atau jasa sesuai kesepakatan. 1 Secara umum, pemasaran adalah suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mere ka butuhkan dan inginkan dengan m enciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya . Kegiatan pemasaran selama ini tidak terlepas dari unsur pe rsaingan. Tidak ada satu bisnis pun, yang leluasa bisa santai menikmati penjualan dan keuntungan, karena akan a da persaingan yang ingin turut menikmatinya. Oleh karena itu, masalah persaingan mendapatkan perhatian dalam pemasaran

Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan penting. Efesiensi yang dimaksud a dalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan  Tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan jual beli toko di pasar desa catur tunggal kecamatan mesuji makmur kabupaten ogan komering ilir ”.

Demikian juga dalam pemasaran dibutuhkan suatu strategi, terlebih lagi dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, maka strategi sangat penting ya ng kemudian disebut strategi pemasaran. Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya de ngan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhk an sebuah konsep pemasaran yang men dasar sesuai dengan kepentingan pemasa r dan kebutuhan serta keinginan pelanggan/konsumen. Dalam hal ini, pemasaran islami memiliki posisi yang sangat strategis, karena pemasaran islami merupakan salah satu str ategi pemasaran yang didasarkan pada Al - Qur'an dan Sunah Rasulullah SAW. 

Pemasaran islami merupakan sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan pr oses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai d ari satu pemrakarsa kepada stakeholders - nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan a kad serta prinsip - prinsip Islam dan muamalah dalam Islam  Butik “Calista ” merup akan salah satu perusahaan busana muslimah yang ada di kota Palembang. Dimana biasanya suatu perusahaan itu memilik satu persepsi gerak langkah dari semua komponen perusahaan dala m rangka implementasi strategi induk dan strategi operasional, tujuan dan berbagai sasaran yang telah ditetapkan untuk dicapai

Butik Calista ini menarik untuk diteliti. Strategi pemasaran i slami disini yang terdiri dari beberapa karakteristik. Untuk Men genali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive . Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posis inya dari para pesaing yang ada

Dalam laporan keuangannya pun di butik Calista ini mengalami peningkatan penurunan penjualan. Dari karakteristik pemasaran islami inilah terdapat be berapa pertanyaan oleh karena itu yang menjadi m asalah yaitu strategi pemasaran i slami yang bagaimana yang diterapkan di Butik Calista dalam meningkatkan penjualan . Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan , m aka penulis tertarik dan bermaksud mela kukan penelitian guna mengetahui strategi pemas aran yang dapat digunakan untuk men ingkatkan penjualan pr oduk busana muslim di Butik Calista dengan mengambil judul “ STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BUTIK CALISTA PALEMBANG ”  

Previous
Next Post »
0 Komentar