Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg Pada Pt. Putra Sinbar Gas ( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)

Admin
Skripsi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg

BAB I 

PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang 

Dunia bisnis menuntut peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau mundurnya suatu bisnis akan sangat ditentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran bisnis tersebut, karena kegiatan pemasaran merupakan kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan). Pentingnya peranan pemasaran yang dimaksud bukan berarti mengenyampingkan peranan bagian lain dalam bisnis, karena seluruh kegiatan merupakan satu kesatuan yang utuh da lam bisnis. Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha - usaha sosial. Hanya saja sebagian pelaku pemasaran tidak atau belum mengerti ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka telah melakukan usaha - usah a pemasaran. Hal ini terjadi karena pelaku pemasaran belum pernah belajar atau bahkan belum pernah mendengarkan kata - kata pemasaran. 

Dalam melakukan kegiatan pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pende k maupun tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan. Sedangkan dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk - produk yang suda hada agar tetap eksis. Secara umum, memahami konsep strategi pemasaran dalam, maka perlu diperkenalkan suatu pemahaman mengenai konsep strategi pemasaran . 

Menghadapi persaingan di dalam mendapatkan pelanggan, PT. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai menyadari tidaklah mudah tanpa ada sebuah tindakan nyata berupa bekerja keras dengan menggunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Strategi merupakan kunci penting terhadap keberhasilan sebuah perusahaan dalam meraih pelanggan. Chandler (2009:39) menyatakan bahwa keberhasil an suatu organisasi dalam memenangkan persaingan ditentukan oleh strategi. Strategi adalah upaya yang dimiliki individu dan unsur - unsur yang ada dalam organisasi untuk memiliki keterampilan dan memanfaatkan sumber daya sesuai dengan kondisi lingkungan kerj a untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. 
Pihak PT. Putra Sinbar Gas menyadari pentingnya strategi untuk mendapatkan pelanggan yang aktif dalam mendukung peningkatan . Pihak PT. Putra Sinbar Gas mengambil keputusan untuk menerapkan strategi pemasaran. K otler (2009:24) menyatakan bahwa strategi bauran pemasaran merupakan solusi untuk menangani aktivitas yang berkaitan dengan produk dan jasa untuk memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran ini penting dilakukan oleh PT. Putra Sinbar Gas untuk memberikan so lusi atas kemungkinan permasalahan yang dihadapi. Melalui strategi pemasaran dengan menggunakan konsep strategi bauran pemasaran , PT. Putra Sinbar Gas mampu mengemban visi, misi dan tujuannya dalam rangka menumbuhkan kepercayaan, imej dan loyalitas pelang gan yang ditawarkan kepada pelanggan. 

Pihak pimpinan manajemen bersama dengan karyawannya berupaya menerapkan strategi bauran pemasaran sebagai strategi inti atau strategi kunci untuk meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg. 3 Fenomena yang dihadapi s aat ini oleh PT. Putra Sinbar Gas bahwa salah satu upaya untuk menggairahkan dan mengikat pelanggan menjadi pelanggan aktif yaitu dengan menyediakan fasilitas delivery , artinya pelanggan dapat menghubungi perusahaan untuk memesan gas elpiji 3 kg, dan pihak perusahaan akan mengantarkan langsung kepada pelanggan. . Memahami fenomena tersebut PT. Putra Sinbar Gas menerapkan strategi segmentasi yaitu strategi di dalam menentukan pangsa pasar yang potensial untuk dijadikan pelanggan yang menggunakan gas elpiji 3 kg . Strategi segmentasi pelanggan yang representatif adalah semua pelanggan dalam hal ini warung, toko, mini market yang memiliki pangsa pasar menengah ke bawah. 

PT. Putra Sinbar Gas juga berupaya menerapkan strategi targeting yaitu sebuah strategi yan g digunakan dengan segala potensi dan kemampuan untuk mencari pelanggan sebanyak - banyaknya sesuai dengan pencapaian target yang ditetapkan. Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian target yang telah ditetapkan, PT. Putra Sinbar Gas senantiasa melakukan pen ilaian dan pengevaluasian pelanggan yang menggunakan gas elpiji 3 kg sesuai skala prioritas target yang telah ditetapkan. Termasuk PT. Putra Sinbar Gas berupaya semaksimal mungkin menerapkan strategi positioning yaitu sebuah strategi yang digunakan dengan memperbanyak armada sales dan tempat - tempat strategis untuk menawarkan gas elpiji 3 kg kepada masyarakat. 

Biasanya strategi positioning sebagai kegiatan penawaran gas elpiji 3 kg pada masyarakat ekonomi menengah ke bawah . Sampai saat ini PT. Putra Sinbar Gas berupaya untuk meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg dengan menambah jumlah pelanggan dengan memberikan sebuah pencerahan atau berbagai pilihan alternatif kepada pelanggan dalam mengambil keputusan untuk menggunakan gas elpiji 3 kg . Biasanya m asih banyak pelanggan yang masih menggunakan gas elpiji 12 kg, namun karena kebijakan pemerintah yang menaikkan harga gas elpiji, banyak pelanggan yang beralih ke gas elpiji 3 kg karena harga yang diterapkan masih terjangkau yaitu antara Rp. 1 2 .000 sampai Rp. 1 3 .000 . Lebih jelasnya ditunjukkan pada Tabel 1 di bawah ini: KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.