.

Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin ( Lengkap Sampai Daftar Pustakanya)

Admin
SKRIPSI PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARSKIN


BAB I 

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi untuk memasarkan suatu produk. Suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media internet dapat disebut juga e - marketing . E - marketing adalah sisi pemasaran dari e - commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesu atu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet. E - commerce adalah sistem penjualan yang berkembang setelah ditemukan Internet. 

Sistem pemasaran atau penjualan seperti ini bisa menjangkau seluruh dunia pada saat yang bersamaan tanpa harus mendirikan kantor cabang di semua negara. Selain itu juga bisa dilakukan 24 jam tanpa berhenti. Dengan hanya melalui unit komputer yang terhubung ke Internet, perusahaan dapat memasarkan produk - produknya. (Arifin, 2003: 101). Pemasaran dengan strategi prom osi melalui internet khususnya dengan social media (jejaring sosial) dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. 

Konsumen juga akan lebih mudah untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin mereka beli kar ena tidak perlu tatap muka secara langsung. 2 Data yang dilan sir situs www.sigmanews.us, menunjukkan 7 situs social media terpopuler di tahun 2013, Facebook menduduki posisi pertama, disusul Twitter, Google +, MySpace, LinkedIn, Friendster, dan terakhir Pin terest. Selain itu, jumlah pengguna internet Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini bisa dilihat dari grafik yang terus meningkat dari data tahun 1998 - 2012 versi APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)Sedangkan dari data yang di tulis dalam situs http://www.ihubmedia.com, 

 Asia masih terus berlanjut untuk mendominasi Facebook di tahun 2013. Sementara Indonesia sendiri menjadi negara kedua terbanyak pengguna Facebook setelah India. Menurut data http://the - marketeers.com pengakses internet lewat smartphones kini berjumlah 58 juta jiwa. Riset MarkPlus Insight ini, sekitar 58 juta pengguna internet di Indonesia mengakses internet lewat alat bergerak seperti perangkat mobile atau smartphones , personal notebook, netbook, dan tablet PC . Tiga dari sepuluh netizen mengaku mengganti handphone m ereka dalam setahun belakangan, dan satu dari 4 sepuluh netizen mengaku mengganti laptop atau netbook mereka dalam setahun belakangan. Melihat banyaknya pengakses social media di Indonesia melalui smartphones , bisa menjadi peluang bisnis yang baik, salah sa tunya di bidang industri digital printing, yang salah satu produknya berupa garskin. Garskin berfungsi untuk menutupi casing HP, melindungi casing HP dari goresan yang biasanya terjadi karena faktor ketidaksengajaan manusia. 

Sebagai tambahannya, garskin d igunakan untuk mempercantik tampilan smartphones agar lebih menarik. Salah satu perusahaan yang membuat garskin adalah SayHello. SayHello menjual produknya tanpa toko atau kios tetap, SayHello lebih memilih menjual produknya melalui akun Facebook dan akun Twitternya. Para pembeli umumnya tahu produk garskin melalui info di akun Twitter atau dari tag foto - foto produknya di Facebook. Walaupun produknya hanya dipasarkan lewat social media tetapi para konsumennya sudah menyebar, tidak hanya lokal di Jawa, teta pi sudah mencapai di seluruh Indonesia . KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar