ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA ASURANSI KONVENSIONAL DENGAN ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT. Sun Life Financial)

Admin

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA ASURANSI KONVENSIONAL DENGAN ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT. Sun Life Financial)

BAB I PENDAHULUAN 


1.1 Latar Belakang
Menjalani kehidupan kita sehari hari, mungkin banyak resiko kehidupan yang ada halnya kita tidak ketahui di luar sana. Resiko yang tidak kita senangi atau merugikan kita, kapan saja dapat menimpa kita dalam kondisi apapun. Adapun mungkin tiba-tiba saja saat kita sedang melalukan kegiatan rutinitas kita seperti biasa, di saat itulah resiko yang sangat kita tidak inginkan itu terjadi dan menimpa kita ataupun orang-orang terdekat kita. Di saat itulah kita harus selalu siap sedia untuk menjaga agar resiko-resiko itu tidak terlalu merugikan kita dalam financial kita. 

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA ASURANSI KONVENSIONAL DENGAN ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT. Sun Life Financial)
Asuransi adalah salah satu bentuk dari sebuah pengendalian resiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan resiko yang di alami si tertanggung ke penanggung. Dibutuhkann asuransi untuk memperisapkan diri apabila resiko yang tidak kita inginkan itu terjadi. Hal tersebut yang dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi dalam menjalankan usahanya. Masyarakat kini telah banyak menyadari bahwa asuransi itu berguna untuk mengurangi resiko yang ditanggung apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah menggunakan asuransi masyarakat dapat membuat perencanaan keuangan apabila kemungkinan terjadinya resiko telah dipersiapkan sebelumnya. Maka masyarakat dapat lebih memikirkan tentang masa depan. Asuransi menjadi mekanisme pemindahan/pelimpahan resiko dari jiwa seseorang (tertanggung) kepada perusahaan asuransi jiwa(penanggung). Tujuan memiliki asuransi untuk memastikan atau tujuan jangka panjang dapat terpenuhi.

Perkembangan saat ini terdapat dua jenis asuransi yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Sebenarnya kedua jenis asuransi tersebut tidak terlalu beda jauh namun memang ada beberapa hal yang bertolak belakang sehingga perlu ada beberapa hal yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Asuransi konvensional dimulai dari masyarakat Babilonia 4.000-3.000 SM dan itu dulu disebut dengan perjanjian Hammurabi. 

Asuransi sendiri masuk ke Indonesia pada masa zaman penjajahan Belanda. Hadirnya keberadaan asuransi di Indonesia akibat dari berhasilnya Belanda dalam sektor perkebunan dan perdagangan di Indonesia pada masa tersebut. Asuransi syariah sudah dikenal pada zaman Rasulullah yang dikenal dulu sebagai sistem Al-Aqilah. Ide pokok dari Aqilah sendiri adalah suku Arab zaman dahulu harus melakukan kontribusi finansial atas Nama yang bertanggung jawab untuk membayar pewaris yang di tanggung jawabkan. 

Sistem ini dulu sudah menjadi kebiasaan suku Arab sebelum masuknya Islam dan kemudian disahkan oleh Rasulullah sebagai hukum Islam yang dibuat oleh Rasulullah dalam bentuk konstitusi pertama di dunia. Asuransi syariah di Indonesia diawali. Pada tahun 1994. Dan pada saat itu asuransi syariah yang pertama kali hadir di Indonesia itu adalah PT. Syarikat Takaful Indonesia pada tanggal 24 Februari 1994 yang dimotori oleh lembaga Ikatan Cendikiawan. 

PT. Sun Life Financial sudah beroperasi dalam bidang asuransi sudah sejak dari tahun 1865 dan masuk di Indonesia pada tahun 1995. Dan sekarang PT. Sun Life Financial tidak hanya memiliki asuransi konvensional, mereka sudah memiliki asuransi yang berbasis syariah. Banyak konsumen yang sudah tau dengan hadirnya
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.