ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING PADA PROSES PENYALURAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK KANTOR CABANG KEDIRI

Admin

ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING PADA PROSES PENYALURAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK KANTOR CABANG KEDIRI
BAB II KAJIAN TEORI 


A. Pemasaran Bank 
1. Pengertian Pemasaran dan Pemasaran Bank 
Menurut Kotler dan Kevin Lane Keller, pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial, dimana individu-individu dan kelompokkelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan pihak lain. 

Pemasaran bank adalah suatu proses untuk menciptakan dan mempertukarkan produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara memberikan kepuasan. Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Dampak dari perubahan teknologi juga berdampak positif terhadap perkembangan dunia perbankan. Produk yang ditawarkan kepada nasabahnya menjadi lebih cepat dan efisien. 

2 2. Tujuan Pemasaran Bank 

  1. Memaksimumkan konsumsi yaitu memudahkan dan meransang konsumsi, sehingga dapat menarik nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan bank secara berulang- ulang 
  2. Memaksimumkan kepuasan pelanggan melalui berbagi pelayanan yang dibutuhkan nasabah 
  3. Memaksimumkan pillihan (ragam produk) artinya bank menyediakan berbagai jenis produk bank sehinga nasabah memiliki beragam pilihan pula 
  4. Memaksimumkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan terhadap nasabah serta menciptakan iklim yang efisien. 
B. Segmentasi Pasar 

Agar sebuah perusahaan atau bisnis yang akan dijalankan dapat berhasil dengan baik, maka sebelumnya perlu melakukan strategi bersaing yang tepat yaitu dengan menentukan segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran (targeting), dan menentukan posisi produk (positioning). 

Dalam proses Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan segmentasi pasar. Prinsip dasar segmentasi pasar adalah bahwa pasar tidak homogen dan konsekuensinya, penawaran pemasaran perlu dibedakannya bagi kelompok pelanggan yang berbeda.

3 1. Pengertian Segmentasi Pasar 
Segmentasi pasar merupakan strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya perusahaan dibidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang bermacam-macam menjadi pedoman bagi rancangan strategi pemasaran. Konsumen biasanya memperlihatkan preferensi dan prioritas produk yang berbeda-beda. Pada umumnya para konsumen menginginkan produk dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan mereka dengan harga yang bersaing. Dan perbedaanperbedaan inilah yang menciptakan segmen pasar. 

Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok konsumen yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi pasar perlu dilakukan mengingat di dalam suatu pasar terdapat banyak konsumen (pembeli) yang berbeda keinginan dan kebutuhannya oleh karena itu, setiap perbedaan memiliki potensi untuk menjadi pasar tersendiri. 

Untuk melakukan segmentasi pasar terdiri dari beberapa variabel yang harus diperhatikan, tujuannya adalah agar segmentasi yang telah dilakukan tepat pada sasaran. Salah dalam menentukan variabel segmen maka akan berdampak pada gagalnya sasaran yang ingin dicapai. Variabel untuk melakukan segmentasi terdiri dari segmentasi pasar konsumen dan segmentasi pasar industrial. Berikut ini adalah variabel utama dalam menentukan segmentasi pasar konsumen menurut Philip Kotler, antara lain : 

a. Segmentasi Geografis 
Segmentasi yang membagi pasar menjadi unit geografis yang berbeda-beda yaitu terdiri dari:

  1. Bangsa 
  2. Kota 
  3. Iklim 
  4. Kabupaten 
  5. Daerah Otonomi 
b. Segmentasi Demografis Segmentasi yang membagi pasar menjadi berbagai kelompok berdasarkan variabel terdiri dari: 


  1. Usia 
  2. Jenis Kelamin 
  3. Siklus Hidup Keluarga
  4. Pendapatan 
  5. Pekerjaan 
  6. Pendidikan
  7. Agama 
  8. Ras dan Kebangsaan

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.