APLIKASI AKAD TIJARAH DAN AKAD TABARRU’ DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA (BHS) PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH

Admin

APLIKASI AKAD TIJARAH DAN AKAD TABARRU’ DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA (BHS) PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH
BAB SATU
PENDAHULUAN 


1.1 Latar Belakang

Asuransi merupakan salah satu lembaga keuangan yang dapat menghimpun dana dalam jumlah besar, yang digunakan untuk membiayai pembangunan. Selain itu lembaga asuransi juga bermanfaat bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam bisnis asuransi, karena sesungguhnya asuransi bertujuan memberikan perlindungan atas keuangan yang ditimbulkan oleh peristiwa yang tidak diduga sebelumnya. (Ktut Silvanita Mangani, 2009: 190) 

Menurut Undang-undang No. 2/1992 tentang usaha perasuransian pasal 1 ayat 1, “menjelaskan asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidakpasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas kematian dan hidupnya seseorang yang dipertanggungkan” (Ade Arthesa & Edia Handiman, 2009:236). 

APLIKASI AKAD TIJARAH DAN AKAD TABARRU’ DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA (BHS) PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH
Di Indonesia di kenal dua jenis asuransi, yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi konvensional adalah sebuah mekanisme perpindahan resiko oleh sebuah organisasi dapat diubah dari pihak tidakpasti. Asuransi syariah adalah suatu pengaturan pengelolaan resiko yang memenuhi ketentuan syariah, tolong menolong secara mutual yang melibatkan perserta dan operator (Iqbal Muhaimin, 2004:2- 4). 

Dari sudut pandang ekonomi, asuransi adalah mengurangi ketidakpastian dengan pengalihan dan penggabungan (penghimpun dana) dari pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang sama. Tujuan dari sudut pandang ekonomi adalah mengurangi ketidakpastian dari hasil usaha yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan asuransi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan. 

Adapun asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset dan tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Dari pengertian diatas terlihat dengan jelas bahwa terdapat empat pihak yang terlihat dalam asuransi, yaitu: 

  1. Pihak tertanggung (insured) yang berjanji akan membayar uang premi kepada pihak penanggung, sekaligus atau mengangsur. 
  2. Pihak penanggung (insurer) yang berjanji akan memberikan proteksi tertanggung (insured) yang menerima proteksi. 
  3. Peristiwa (accident), yang tidak diduga atau yang tidak diketahui sebelumnya, peristiwa yang memungkinkan terjadinya kerugian. 
  4. Kepentingan (interest), yang mungkin dapat mengalami kerugian yang disebabkan oleh peristiwa yang terjadi (Thamrin Abdullah & Francis Tantri, 2009: 210).
PT. Sun Life Financial Indonesia merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk proteksi serta pelayanan nasabah, baik individu maupun korporasi. Sun Life Financial dan mitranya telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hongkong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Sejak tahun 1995, PT. Sun Life Financial Indonesia hadir dengan beragam macam produk dan manajemen kekayaan, mulai dari asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua. Sebagai perusahaan asuransi yang terkemuka, PT Sun Life Financial terus berfokus pada nasabah dengan menawarkan berbagai produk inovatif yang mampu melindungi jiwa untuk masa depan, beberapa pilihan produk investasi pada PT. Sun Life Financial Syariah di antaranya Brilliance Hasanah Sejahtera (BHS), Brilliance adalah sebuah kombinasi dari produk asuransi jiwa dengan beragam pilihan produk investasi untuk memenuhi kebutuhan perencanaan keuangan jangka panjang, dengan memperhatikan profil risiko pribadi dalam berinvestasi dan kebutuhan setiap individu. 


PT. Sun Life Financial Syariah merupakan satu jenis simpanan berjangka panjang dengan prinsip bagi hasil, yang menggunakan akad tabarru’ dan akad tijarah, di peruntukan bagi nasabah prioritas menengah ke bawah sampai menengah ke atas, minimal premi yang harus di bayar dalam produk Brilliance Hasanah Sejahtera adalah 500.000/bulan (Pedoman PT. Sun Life Financial Syariah, 2006).
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.