Penerapan strategi segmentation, targetting, dan positioning dalam memasarkan produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan

Admin

Penerapan strategi segmentation, targetting, dan positioning dalam memasarkan produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan
BAB I
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah.

Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) adalah lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil, menumbuh kembangkan bisnis usaha mikro dalam rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin, ditumbuhkan atas prakarsa dan modal awal dari tokoh masyarakat setempat dengan berlandaskan pada system ekonomi yang salam keselamatan (berintikan keadilan), kedamaian dan kesejahteraan.Penghimpunan dana diperoleh melalui simpanan pihak ketiga dan penyaluran dilakukan dalam bentuk pembiayaan atau investasi yang dijalankan berdasarkan syariat islam.

Penerapan strategi segmentation, targetting, dan positioning dalam memasarkan produk Sirela (Simpanan Sukarela Lancar) di KJKS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan
Secara kelembagaan KJKS adalah usaha ekonomi rakyat kecil yang beranggotaan orang-orang atau suatu badan hukum berdasarkan prinsip syariah dan prinsip koperasi. Karena KJKS berkedudukan sebagai badan hukum koperasi yang terlindungi dengan Undang-Undang NO. 25 tahun 1992 tentang pokok perkoperasian, namun dari segi operasionalnya KJKS mempunyai system yang sama dengan bank muamalat Indonesia (BMI) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) yaitu berdasarkan prinsip syariah.

Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Al-HIKMAH ungaran merupakan lembaga intermediasi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. KJKS dalam menjalankan kegiatan usahanya mempunyai beberapa produk simpanan diantaranya SI RELA (Simpanan Suka Rela Lancar), SIMPEL (Simpanan Pelajar), SISUQUR (Simpanan Sukarela Qurban), SIHAJI (Simpanan Ibadah Haji), SIUMROH (Simpanan Ibadah Umroh). 

Berdasarkan pengalaman penulis ketika magang di KJKS BMT ALHIKMAH Ungaran ketertarikan penulis terhadap salah satu produk penghimpunan dana yaitu produk tabungan syariah yang disebut SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) dimana dalam pelaksanaannya produk ini menggunakan akad wadi’ah yad dhomanah. Wadi’ah yad dhomanah yaitu titipan barang atau harta yang diamanatkan kepada orang lain untuk dijaga, tetapi si penerima titipan boleh menggunakan barang atau harta tersebut untuk dikelola supaya mendapatkan keuntungan dari barang atau harta yang telah dikelola tersebut.

Dalam kerangka pengerahan dana wadi’ah ini, atas seizin penitip BMT dapat mengelola dan hanya untuk tujuan komersial, sehingga bila kemudian diperoleh keuntungan BMT dapat memberikan bonus yang besarnya tidak boleh ditetapkan secara pasti dimuka dengan kalkulator angka-angka rupiah atau prosentase atas nilai pokok dana wadi’ah, misalnya sekian atau sekian. 

Kelebihan produk SIRELA ini dirancang dengan menggunakan system jemput bola dimana anggota tidak perlu susah payah atau repot datang ke kantor untuk menabung karena para staff marketing akan mendatangi secara langsung kepada anggota sehingga memudahkan mereka untuk mempercayakan dana yang ditabungnya. Produk SIRELA ini juga untuk membantu masyarakat yang mempunyai kelebihan dana agar dapat tersimpan dengan aman dan dapat diambil sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Kelebihan yang lain dalam produk SIRELA ini yaitu tidak dikenakannya biaya administrasi bulanan dan mendapat fee atau bonus sesuai dengan nisbah yang ada di BMT AL-HIKMAH Ungaran atas dana yang tersimpan. 

Sistem operasional yang baik dan manajemen sumber daya manusia yang patut dihandalkan telah membuat produk SIRELA ini banyak digemari dan sudah terealisasi dengan lancar di masyarakat sekitar. Tentunya para staff marketing yang telah bekerja dengan professional yang telah menyebarluaskan adanya produk ini sehingga masyarakat ikut andil menjadi anggota dan mempercayakan dananya untuk disimpan di BMT Al-HIKMAH ini. 

Setelah berbagai macam penelitian terdahulu yang sudah mengkaji mengenai stretegi pemasaran terhadap produk SIRELA ini, penelitbermaksud ingin meneliti lebih dalam mengenai teori pemasaran Strategi STP (segmentation, targetting, dan positioning) terhadap penerapannya di BMT Al- HIKMAH Ungaran yang penulis tuangkan dalam Tugas Akhir yang berjudul, ”PENERAPAN STRATEGI SEGMENTATION, TARGETTING, DAN POSITIONING DALAM MEMASARKAN PRODUK SIRELA (SIMPANAN SUKARELA LANCAR) DI KJKS BMT AL- HIKMAH UNGARAN CABANG BABADAN”.
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.