PENGARUH PELATIHAN KERJA,TEKNOLOGI DAN KUALITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI KONVEKSI DIANA TULUNGAGUNG

Admin

PENGARUH PELATIHAN KERJA,TEKNOLOGI DAN KUALITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DI KONVEKSI DIANA TULUNGAGUNG


PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Masalah 

Perkembangan bisnis saat ini menjadi suatu bidang atau usaha yang menarik dan mempunyai peranan yang tidak kecil dalam konsumsi masyarakat setiap harinya. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang makin pesat sekarang ini menyebabkan persaingan pasar semakin ketat. Persaingan pasar yang ketat ini menuntut adanya rancangan penjualan dan pemasaran produk dan orang-orang yang terlibat. 

Melihat Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas muslim, berdasarkan Data Sensus Penduduk tahun 2010 diketahui bahwa jumlah umat muslim di Indonesia mencapai 87,2%1 dari seluruh penduduk Indonesia. Oleh karena itu masyarakat muslim di Indonesia sangat tinggi, tingginya masyarakat muslim ini mengakibatkan meningkatnya permintaan busana muslim maupun perlengkapan untuk ibadah lainnya seperti sajadah dan mukena meningkat. Dalam hal ini mendorong konveksi busana muslim Diana yang merupakan salah satu konveksi sekaligus produsen busana muslim yang berada di Tulungagung untuk terus menambah hasil produksi dan penting bagi konveksi Diana selaku produsen busana muslim untuk selalu menjaga dan memperhatikan kualitas dan kuantitas hasil produksinya

Konveksi Diana Tulunagung memiliki tujuan dan sasaran perusahaan untuk dapat memperoleh laba yang ingin dicapainya melalui sumber daya manusia yang terlatih dan kompeten. Sumber Daya Manusia atau human recources mengandung pengertian usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi.2 Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang penting dalam pencapaian tujuan, sumberdaya manusia dan penerapannya sering kali masih belum sejalan dengan keinginan perusahaan. Sementara keselarasan dalam mengelola SDM menjadi faktor utama kesuksesan jalannya sebuah organisasi. 

Pada umumnya pimpinan perusahaan mengharapkan kinerja yang baik dari masing-masing karyawan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan. Perusahaan menyadari bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan modal dasar dalam proses pembangunan perusahaan, oleh karena itu kualitas SDM senantiasa harus dikembangkan dan diarahkan agar tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan cara diadakan pelatihan kerja. 

Pelatihan berhubungan dengan menambah pengetahuan keterampilan dan kecakapan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Istilah pelatihan ini digunakan untuk menunjukkan setiap proses keterampilan atau kecakapan dan kemampuan para pegawai, sehingga mereka lebih baik menyesuaikan dengan lingkungan kerja.

Pelatihan yang mereka geluti akan memberikan kesempatan bagi karyawan mengembangkan keahlian dan kemampuan dalam bekerja agar apa yang diketahui dan dikuasai dapat membantu karyawan untuk mengerti apa yang seharusnya dikerjakan dan mengapa harus dikerjakan, memberikan kesempatan menambah pengetahuan dan keahlian. Setiap orang memiliki kemampuan masing-masing, akan tetapi kemampuan (ability) yang dimiliki belum tentu sesuai dengan spesifikasi yang dicari dan dibutuhkan, maka dari itu penting bagi perusahaan dalam hal ini adalah konvesksi Busana Muslim Diana Sembung Tulungagung untuk melaksanakan pelatihan agar karyawan tahu apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana melakukannya. Pelatihan berarti proses membantu karyawan untuk menguasai keterampilan khusus atau untuk memperbaiki kekurangan dalam melaksanakan pekerjaan. 

Masalah utama dalam pelaksanaan program pelatihan biasanya masalah pengeluaran biaya yang tidak kecil. Perusahaan harus bisa memilih jenis-jenis pelatihan yang sesuai dengan kondisi perusahaan serta menimbang manfaat yang didapatkan setelah pelaksanaan program pelatihan ini dilaksanakan. Program pelatihan sangat berpengaruh bagi meningkatnya produktivitas kerja karyawan di suatu organisasi atau perusahaan. Karena dengan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas seorang karyawan saat bekerja akan berdampak positif bagi pekerjaannya.
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.