PENGARUH UPAH, KETERAMPILAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA USAHA MIKRO KECIL JASA FOTOCOPY tahun 2017

Admin

PENGARUH UPAH, KETERAMPILAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA USAHA MIKRO KECIL JASA FOTOCOPY 

tahun 2017


BAB I 
PENDAHULUAN 
A. LATAR BELAKANG MASALAH 

Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, manusia dituntut untuk dapat mempunyai keterampilan yang berkualitas untuk memenuhi taraf hidup yang lebih baik. Oleh karena itu sumber daya manusia apabila dapat di dayagunakan secara efektif dan efisien akan bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Sehingga dalam mengelola usaha diharapkan mampu menggunakan sumber daya manusia dengan baik dan benar. Sumber daya manusia merupakan bagian yang cukup penting dalam pencapaian tujuan organisasi baik itu perusahaan besar maupun kecil. Sehingga sumber daya manusia dapat diartikan sebagai kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh suatu organisasi.

Sumber daya dikatakan produktif, apabila mempunyai disiplin dan produktivitas kerja tinggi serta dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya secara tepat waktu. Untuk itu sudah seharusnya jika pengusaha melakukan perencanaan atau upaya-upaya yang bertujuan meningkatkan produktivitas kerja dengan berbagai cara, diantaranya seperti meningkatkan keterampilan kerja dan lingkungan kerja yang baik dalam usaha yang didirikan.

Mengingat semakin ketatnya persaingan antar usaha mikro kecil dewasa ini menuntut usaha mikro kecil harus mampu bertahan dan berkompetisi dengan usaha lain. Peranan sumber daya manusia dalam usaha mikro kecil sangatlah penting kerena sebagai penggerak utama seluruh kegiatan atau aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuannya, baik untuk memperoleh keuntungan maupun untuk mempertahankan kelangsungan hidup usaha yang didirikan. Seperti halnya di Desa Plosokandang yang saat ini banyak usaha mikro kecil dalam bentuk jasa perorangan yang hampir menyebar. Berikut tabel untuk usaha jasa yang ada di Desa Plosokandang.

Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian pada karyawan usaha mikro kecil jasa fotocopy di Desa Plosokandang. Alasan dilakukannya penelitian ini karena kebanyakan masyarakat di Desa Plosokandang yang keberadaannya berdekatan dengan area kampus memilih usaha mikro kecil jasa fotocopy, karena target utama mendirikan usaha jasa fotocopy tersebut adalah lokasinya strategis dan mudah dijangkau oleh para pelajar atau mahasiswa, sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan dapat dijadikan sebagai pengahasilan sehari-hari oleh masyarakat sekitar warga Desa Plosokandang. Alasan yang kedua karena kurangnya kualitas karyawan yang sangat berpengaruh terhadap pengembangan dan peningkatan produktivitas karyawan. Pada umumnya setiap usaha mikro kecil jasa fotocopy khususnya di Desa Plosokandang ini ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi produktivitas karyawan dalam usahanya yaitu, faktor upah, keterampilan dan lingkungan kerja.

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.