STRATEGI PEMASARAN DAN IMPLEMENTASI AKAD WAKALAH BIL UJRAH DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH

Admin

STRATEGI PEMASARAN DAN IMPLEMENTASI AKAD WAKALAH BIL UJRAH DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH


BAB SATU 
PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang
Bisnis syariah saat ini berkembang pesat di Indonesia, baik dilakukan oleh entitas syariah maupun yang belum. Ketertarikan terhadap bisnis syariah terutama disebabkan oleh karena bisnis ini dijalankan sesuai prinsip-prinsip syariah yang memiliki kecendrungan berperilaku baik dan taat azas, yang merupakan bagian dari penegakan iman dan takwa. Dengan demikian akan terwujud bisnis yang berkembang dengan tetap berlandaskan pada kaidah-kaidah syariah dan tidak hanya bertujuan untuk keberhasilan materi (keuntungan) semata tetapi juga spritual yang menjamin kelangsungan hidup usaha dalam jangka panjang. Tidak terkecuali dalam sektor asuransi, bisnis asuransi syariah telah menjadi perhatian di kalangan para pelaku dan regulator industri perasuransian. Sedemikian ekslusifnya sehingga regulasi pun diatur tersendiri, seperti dalam hal syarat permodalan, pengukuran tingkat kesehatan dan juga dari sisi organ pada aspek pengawasan usaha. Tentu bagi mereka yang masih awam, muncul rasa ingin tahu tentang seluk beluk asuransi syariah khususnya dari sisi kelebihannya dibanding asuransi konvensional (Amrin, 2011: 10). 

STRATEGI PEMASARAN DAN IMPLEMENTASI AKAD WAKALAH BIL UJRAH DALAM PRODUK BRILLIANCE HASANAH SEJAHTERA PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL SYARIAH
Asuransi syariah sering dikenal dengan istilah at-takaful yang artinya menjamin atau saling menanggung. (Sula, 2004: 33) mengartikan takaful dalam pengertian muamalah adalah saling memikul resiko diantara sesama orang, sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas resiko yang lainnya. Sedangkan pengertian asuransi syariah menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 21/DSNMUI/III/2002 tentang asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong diantara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tententu melalui akad (perikatan) yang sesuai syariah. 

Kebutuhan jasa perasuransian makin dirasakan, baik oleh perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana financial dalam tata kehidupan baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki, demikian pula dunia usaha dalam menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat mengganggu kesinambungan usaha. Semakin hari produk asuransi yang dipasarkan semakin variatif dan sudah di modifikasi dengan jenis produk keuangan lainnya. Berkembangnya perusahaan di bidang asuransi syariah di Indonesia, mengharuskan perusahaan asuransi lebih kreatif dalam memasarkan produk dengan pemilihan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar sehingga sasaran yang ditetapkan tercapai (Huda, 2017: 1). 

Strategi pemasaran merupakan suatu bentuk atau rencana yang mengintegrasi tujuan-tujuan utama, kebijakan-kebijakan dan rangkaian tindakan dalam suatu organisasi menjadi suatu kesatuan yang utuh. Suatu strategi mempunyai dasar atau skema untuk mencapai sasaran yang dituju, jadi pada dasarnya strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan (Chatab, 2007: 10). 

Setiap perusahaan asuransi syariah harus mempunyai strategi pemasaran untuk meningkatkan pesertanya. Bagi lembaga keuangan non- bank yang merupakan badan usaha yang berorientasi profit, kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kebutuhan utama dan keharusan untuk dijalankan agar mengalihkan perhatian masyarakat untuk menggunakan produk yang tersedia pada instansi tersebut. Termasuk salah satunya pada PT. Sun Life Financial KPM Navara Al Uzma Cabang Banda Aceh yang berusahan melakukan berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat. Dalam menarik minat masyarakat PT. Sun Life Financial KPM Navara Al Uzma mempunyai berbagai macam produk untuk menunjang kebutuhan masyarakat, produk tersebut diharapkan dapat memfasilitasi untuk memenuhi keinginan masyarakat. 

Dalam memasarkan produk PT. Sun Life Financial KPM Navara Al Uzma Cabang Banda Aceh menggunakan strategi bauran pemasaran atau marketing mix yang tepat untuk mengenalkan produk-produk kepada masyarakat. Adapun salah satu produk yang ditawarkan pada PT. Sun Life Financial Syariah KPM Navara Al Uzma adalah produk Brilliance Hasanah Sejahtera. Produk Brilliance Hasanah Sejahtera merupakan produk asuransi jiwa dan investasi dengan pembayaran berkala untuk membantu masyarakat mencapai kebutuhan keuangannya dimasa depan seperti biaya pendidikan, modal usaha, ibadah haji, pernikahan anak, dana hari tua dan lainnya yang di kelola dengan menerapkan akad wakalah bil ujrah dimana dana yang disetorkan oleh peserta nantinya akan dikelola oleh pihak PT. Sun Life Financial Syariah KPM Navara Al Uzma dengan diinvestasikan pada pasar modal dalam instrumen syariah yang kepemilikannya langsung atas nama peserta, jadi PT. Sun Life Financial Syariah KPM Navara Al Uzma hanya bertugas sebagai pengelola dengan mendapatkan ujrah.
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.