STRATEGI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA DHARMAWANGSA DALAM MENINGKATKAN DANA PIHAK KETIGA

Admin

STRATEGI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG SURABAYA DHARMAWANGSA DALAM MENINGKATKAN DANA PIHAK KETIGA
BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang 


Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Sedangkan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sementara itu, definisi menurut undang-undang no 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah, bab 1 pasal 1 dijelaskan bahwa perbankan syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah (UUS), mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. 

Perbankan syariah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan peminat perbankan syariah cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan karena perbankan syariah dinilai sangat menjanjikan dan tidak merugikan nasabah. Sehingga semakin tahun peranan perbankan syariah semakin penting bagi masyarakat Indonesia 

Pada masa krisis ekonomi yang berkepanjangan pada tahun 1998 bank yang berbasis syariah telah membuktikan kekuatannya dalam menghadapi krisis tersebut. Pada saat itu banyak bank-bank non syariah atau bank yang berkonsep konvensional telah banyak yang gulung tikar atau tidak dapat bertahan melawan hantaman krisis yang berkepanjangan. 

Saat ini, bank dan lembaga keuangan merupakan salah satu pelaku terpenting dalam perekonomian sebuah negara, masyarakat maupun kalangan industri atau usaha sangat membutuhkan jasa bank dan lembaga keuangan lainnya, untuk mendukung dan memperlancar aktivitasnya. Globalisasi yang ditandai dengan adanya perapatan dunia (compression of the world) telah mengubah peta perekonomian, politik, dan budaya. Pergerakan barang dan jasa terjadi semakin cepat. Modal dari suatu negara beralih ke negara lain dalam hitungan detik akibat pemanfaatan teknologi informasi. Sejalan dengan itu, kegiatan perbankan sebagai urat nadi perekonomian bangsa tidak lepas dari dampak globalisasi. 

Sebagai salah satu unit Lembaga Keuangan Syariah yang bergerak secara khusus dalam bidang pelayanan jasa perbankan berbasis non ribawi bagi nasabahnya, PT. Bank BNI Syariah juga mempunyai berbagai produk unggulan baik produk dana pihak ketiga maupun produk pembiayaan. Produk adalah setiap apa saja yang dapat ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan manusia.3 Produk-produk yang dimiliki oleh PT. Bank BNI Syariah adalah Tabungan, Pembiayaan, Giro, Deposito, dan Hasanah Card. Semua produk-produk yang di tawarkan oleh Bank BNI Syariah ini selain untuk memberikan kepuasan kepada para nasabahnya juga dalam meningkatkan dana pihak ketiga. 

Dana pihak ketiga adalah dana yang berasal dari masyarakat luas yang merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasional suatu bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasionalnya dari sumber dana ini. Peningkatan dana pihak ketiga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah dana yang diterima oleh bank atau dari jumlah nasabah tiap tahunnya. Banyaknya jumlah nasabah yang dimiliki oleh Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya Dharmawangsa pada dana pihak ketiga dapat dilihat dari tabel sebagaimana berikut

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.