Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Tertanggung dalam Klaim Asuransi Kesehatan (Studi pada PT. Sun Life Financial)

Admin

Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Tertanggung dalam Klaim Asuransi Kesehatan (Studi pada PT. Sun Life Financial


BAB I 
PENDAHULUAN 
A. LATAR BELAKANG 

Jiwa dan kesehatan seseorang dapat di asuransikan untuk keperluan orang yang berkepentingan, baik untuk selama hidupnya maupun waktu yang ditentukan dalam perjanjian. Adanya kenyataan bahwa setiap hari manusia selalu dihadapkan pada resiko jatuh sakit atau kecelakaan dan harus dirawat dirumah sakit.Sementara biaya berobat ke rumah sakit semakin lama semakin mahal sehingga sulit terjangkau oleh oranh-orang dengan penghasilan biasa. Maka kebutuhan akan jenis auransi yang dapat mengcover resiko kehilangan keuangan (financial loss) akibat tingginya biaya berobat ini semakin besar pula. 

Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Tertanggung dalam Klaim Asuransi Kesehatan (Studi pada PT. Sun Life Financial
Setiap orang dapat mengasuransikan dirinya, asuransi jiwa dan kesehatan bahkan dapat diadakan untuk kepentingan pihak ketiga. Asuransi jiwa dan kesehatan bahkan dapat diadakan selama hidup atau selama jangka waktu tertentu yang ditetapkan dalam perjanjian. Pihak-pihak yang mengikatkan diri secara timbale balik itu disebut penanggung dan tertanggun .Penanggung dengan menerima premi memberikan pembayaran tanpa menyebutkan kkepada orang yang ditunjuk sebagai penikmatnya. 

Hal ini untuk menghindari atau memperkecil adanya kemungkinan tidak diduga, oleh karena itu apabila mereka tidak melimpahkan resiko tersebut kepada perusahaan asuransi akan jauh lebih besar kemungkinan kerugian yang diderita dalam kehidupan pribadinya karena kehidupan manusia sejak lahir sampai meninggal selalu dikelilingi suatu resiko akan menderita bermacam-macam kerugian sebagai akibat dari suatu peristiwa yang tidak diduga sebelumnya. Salah satu subsistem yang terdapat dalam Sistem kesehatan ialah Subsistem Pembiayaan Kesehatan maka untuk dapat memahami dengan lengkap Sistem kesehatan perlulah dipahami pula tentang Sub sistem Pembiayaan Kesehatan tersebut. Posisi,makna dan hakekat kesehatan adalah hak bagi seluruh warganegara dan investasi bagi bangsa negara untuk hari ini dan masa kedepan, oleh karena itu tentunya semua warga Negara berhak atas kesehatannya, terlebih khusus bagi masyarakat. 

Maka di perlukan suatu system yang mengatur pelaksanaan bagi upaya pemenuhan hak warga Negara untuk tetap hidup sehat, dengan mengutamakan pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat3 Pemerintah dalam memandang pelayanan jaminan kesehatan yang termandatkan dalam Undang-Undang Dasar 19945 pasal 28 h dan pasla 34 ayat (2) serta Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Sosial Nasional telah mengamanatkan tentang system jaminan sosial yang bertujuan untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup byang layak bagi setiap peserta dan anggota keluarganya. Jaminan Sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar terpenuhi kebutuhan daar hidupnya yang layak
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.