ANALYSIS OF MARKETING MIX AT “WISATA BAHARI LAMONGAN” LAMONGAN, EAST JAVA

Admin

ANALYSIS OF MARKETING MIX AT “WISATA BAHARI LAMONGAN” LAMONGAN, EAST JAVA (lengkap sampai daftar pustaka)


PENDAHULUAN Pada dasarnya sumberdaya kelautan dapat dikelompokkan menjadi empat kategori: sumberdaya dapat pulih, sumberdaya tidak dapat pulih (renewable) sumber energi dan jasa-jasa lingkungan kelautan (Pratikto, 2005:62). Pemanfaatan sumberdaya kelautan secara berkelanjutan juga dapat dilakukan terhadap jasa-jasa lingkungan, terutama untuk pengembangan pariwisata dan pelayaran. Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai satu sama lain (Kotler,1992:37).

Menurut Yoeti (2002:36), pada umumnya pemasaran wisata menyusun kebijakan-kebijakan menurut urgensi keperluan wisatawan. Dengan kata lain, langkah awal dalam suatu kebijakan pemasaran yakni memberitahukan kepada si perencana mengenai kebutuhan, keinginan, selera, dan harapan wisatawan dengan maksud supaya dia dapat menyusun rencana pengembangan pemasaran wisata dan menyesuaikan suatu kebijakan sehingga suatu kebijakan itu tetap selalu berorientasi pada wisatawan.

Ada dua aspek yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan yaitu, aspek yang berasal dari dalam konsumen dan aspek yang berasal dari luar konsumen. Aspek yang berasal dari luar konsumen dan dapat dikontrol oleh perusahaan adalah bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah variabel-variabel organisasi yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen (Zeithaml and Bitner dalam Hurriyati, 2005:48).

Perusahaan pariwisata merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha bidang jasa, strategi pemasaran melalui bauran pemasaran juga mutlak dilakukan. Menurut Foster (1981:51), bauran pemasaran dapat dibagi menjadi empat komponen yaitu : komponen produk, komponen harga, komponen tempat dan komponen promosi, atau yang disebut 4P. Dalam pemasaran yang terkait jasa ada variabel lain yang dapat dikontrol dan dikombinasikan untuk keperluan konsumen jasa. Variabel tersebut adalah orang yang terkait (people), proses dan bukti fisik (physical evidance). Dengan demikian dalam pemasaran terkait jasa bauran pemasaran diperluas menjadi 7 P (Yazid, 1995:18).

erdasarkan konsep-konsep yang telah ada, maka penelitian ini mengambil judul: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan “Wisata Bahari Lamongan” (WBL), Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: 
  1.  Pengaruh bauran pemasaran secara bersama-sama terhadap kepuasan wisatawan obyek wisata ” Wisata Bahari Lamongan ” (WBL). 
  2. Pengaruh bauran pemasaran secara parsial terhadap kepuasan wisatawan. 
  3. Variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan obyek wisata “ Wisata Bahari Lamongan” (WBL).



KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.