PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V

Admin

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA MANDARIN SISWA KELAS V



BAB 1 
PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang 
Memasuki era globalisasi seperti sekarang ini peranan bahasa Mandarin sangat penting. Apalagi sekarang menjadi bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan guna memperlancar hubungan bisnis, studi, perdagangan dan pariwisata. Pentingnya mempelajari bahasa asing dijadikan sebagai suatu persiapan demi meningkatkan kompetensi saat memasuki dunia kerja. Kesadaran ini membuat banyak orang Indonesia tertarik mempelajari bahasa Mandarin.

Dewasa ini, sudah banyak lembaga formal maupun non formal yang telah mengadakan pelajaran bahasa Mandarin. Seperti, di lembaga sekolah negeri maupun swasta dan di lembaga kursus yang ada di daerah-daerah di Indonesia. Oleh karena itu, Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Nasional (YPPN) mengambil langkah memberikan materi bahasa Mandarin mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA/SMK. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan bahasa Mandarin di Indonesia, maka pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melakukan kerja sama dengan The China Nacional for Teaching Chinese as a Foreign Language (HANBAN) melalui Kedutaan Besar RRC untuk Indonesia dalam rangka peningkatan kompetensi guru-guru Bahasa Mandarin di sekolahsekolah di Indonesia. Akan tetapi ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan pendidikan bahasa Mandarin di Indonesia antara lain masih terbatasnya jumlah dan kualitas tenaga guru/pendidik/instruktur bahasa Mandarin yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dengan pemerintah China dalam hal peningkatan mutu tenaga pendidik bahasa Mandarin di Indonesia

Belajar bahasa Mandarin, otak harus berhubungan dengan dua jurusan yang berbeda sekaligus, yaitu : bunyi dan arti. Itulah sebabnya anak yang sejak kecil belajar bahasa Mandarin IQ’nya naik antara 15%-20%. Dengan itu, diharapkan bahasa Mandarin dapat dipelajari sejak kecil karena selain anak-anak lebih cepat dalam menyerap pelajaran, bahasa Mandarin merupakan bahasa yang susah dan memiliki banyak kosakata

Media adalah suatu alat yang merupakan saluran untuk manyampaikan pesan atau informasi dari sumber kepada penerima pesan atau informasi. Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang penting untuk menyampaikan proses pembelajaran. Jika materi pembelajaran disampaikan dengan metode pembelajaran tertentu tanpa adanya media pembelajaran, maka hasilnya tidak akan maksimal.


Keberhasilan pembelajaran merupakan salah satu manfaat yang diperoleh dalam penggunaan media pembelajaran, selain itu manfaat yang dapat diperoleh antara lain: penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih menarik, proses belajar siswa dapat menjadi lebih interaktif, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan, sikap positif siswa terhadap materi dapat ditingkatkan dan peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif. Dengan manfaat-manfaat tersebut, maka pembelajaran bahasa Mandarin akan lebih menarik dan interaktif. 

Bahasa Mandarin merupakan salah satu mata pelajaran yang sudah lama dipelajari di SD Tripusaka Surakarta. Untuk itu, penulis berusaha menggunakan metode dan media yang tepat untuk lebih menarik perhatian siswa SD Tripusaka Surakarta saat proses belajar mengajar dan membuat siswa merasa senang dalam belajar bahasa Mandarin. Dan sesuai dengan karakteristik peserta didik siswa SD yang masih senang bermain, senang bergerak, menemukan hal-hal baru dalam kehidupan, serta ingin melihat secara langsung gambaran yang mereka dapatkan saat menerima kosakata baru dalam pelajaran bahasa Mandarin. Oleh karena itu, penulis memilih media gambar sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin di SD Tripusaka Surakarta.

Selain pertimbangan rasa senang, terdapat pertimbangan-pertimbangan lain dalam penggunaan media gambar antara lain sebagai berikut: kesesuaian media dengan materi yang akan disampaikan, tersedianya sarana dan prasarana penunjang, karakteristik siswa, waktu yang ada serta biaya yang dibutuhkan. Menurut Maharishi Patanjali (dalam Mahesh 2003:50) visualisasi memainkan peranan penting dalam mengembangkan daya ingat yang baik, yang pada gilirannya meningkatkan kekuatan konsentrasi manusia. Kekuatan konsentrasi merupakan dasar dari daya ingat. Berkembangnya daya ingat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut maka penulis memilih media gambar dalam pembelajaran bahasa Mandarin dan mengambil tema “ Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Kelas V Di SD Tripusaka Surakarta” sebagai judul tugas akhir.




KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.