MEDIA KARTU GAMBAR DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK

Admin
MEDIA KARTU GAMBAR DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK

A. PENDAHULUAN 

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini yaitu agar anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga anak memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar. Pendidikan Anak Usia Dini khususnya Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan formal. Pendidikan Taman Kanak-kanak menyediakan kegiatan bermain sambil belajar yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak. 

Aspek-aspek perkembangan anak meliputi perkembangan kognitif, bahasa, sosial emosional, agama, fisik motorik dan seni. Beberapa aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada diri anak diantaranya yaitu perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa sangat penting untuk keterampilan anak dalam berbicara. Berbicara merupakan proses komunikasi secara lisan untuk meningkatkan aspek bahasa yang di miliki oleh anak. Untuk berbicara anak harus mempunyai keterampilan berbicara. Oleh karena itu prang tua hendaknya memperhatikan perkembangan bahasa anak sejak dini (Suhartono, 2005: 2). 

Tingkat keterampilan berbicara anak dalam berbicara dan berkomunikasi sangat menentukan penerimaan kelompok terhadap anak itu sendiri, yamg juga secara otomatis akan menentukan terbentuknya konsep diri anak. Oleh sebab itu keterampilan berbicara menjadi dasar anak untuk menjalin komunikasi atau hubungan timbal balik dengan orang disekitarnya. Keterampilan berbicara juga memegang peranan penting, karena berbicara menjadi dasar untuk mengembangkan kemampuan yang lain. Banyaknya orang tua lebih mempercayakan pendidikan anak diserahkan sepenuhnya pada guru TK, maka 2 mengakibatkan pendidik di TK mencari media yang menyenangkan dakam mengajarkan anak untuk bercerita. 

Media yang menyenangkan serta tidak membebani anak dalam pembelajaran bercerita pada anak misalnya media kartu gambar. Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam Mardisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Menurut Suhartono (2005: 38) menyebutkan bahwa bicara adalah suatu penyampaian maksud tertentu dengan mengucapkan bunyi-bunyi bahasa supaya bunyi tersebut dapat dipahami oleh orang yang ada dan mendengar. Sedangkan menurut Dhieni (2005: 3.6) menjelaskan bahwa bicara bukanlah sekedar pengucapan kata atu bunyi, tetapi merupakan suatu alat untuk mengekspresikan, menyatakan menyampaikan atau mengkomunikasikan pikiran, ide maupun perasaan. 

Menurut Gunarti, Suryani dan Mui (2008: 1.36) menyatakan bahwa keterampilan berbicara merupakan keterampilan bahasa ekspresif yang melibatkan pemindahan arti melalui simbol visual dan verbal yang diproses dan diekspresikan anak. Tujuan anak berbicara paling penting adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan berbicara anak akan mempunyai manfaat dalam kegiatan berbahasa lisan anak, diantaranya melalui bercerita. Dengan bercerita anak dapat mengutarakan pendapatnya serta menambah kosa kata yang cukup yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari. 

Menurut Suhartono (2005: 138) aspek perkembangan keterampilan berbicara anak ada 5 aspek yaitu minat anak untuk berbicara, menggabungkan bunyi bahasa, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat melalui cerita dan nyanyian dan mengenalkan lambang tulisan. Untuk menarik minat anak untuk berbicara diperlukan media pembelajaran yang menarik dan atraktif serta suasana pembelajaran yang menyenangkan.
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.