PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK TK

Admin
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK TK


PENDAHULUAN 

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling fundamental untuk dasar-dasar pendidikan berikutnya, sehingga apapun yang kita berikan kepada anak pada usia ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya. Dimana hal ini dituangkan didalam Undang- Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional dinyatakan bahwa: Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiaspan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Taman Kanak-kanak untuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun sebagai jenis layanan sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada, baik dalam jalur pendidikan formal,non formal dan informal. 

Muba (2009) menyatakan “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pelayanan pendidkan bagi anak usia dini (0-6) yang dilakukan dilingkungan keluarga, sekolah, lembaga atau tempat pengasuhan anak yang berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak, agar dapat berkembang secara optimal dan memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan dasar”. 

Sejalandengan yang tercantum pada Peraturan Menter iPendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 bahwa“ tujuan pendidikan Taman Kanakkanak adalah membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi ruang lingkup perkembangan nilai agama dan moral, fisik/motorik, kognitif, bahasa, serta social emosional kemandirian”. Dari beberapadefinisi PAUD yang dijabarkan diatas sudah sangat jelas menggambarkan betapapentingnya pendidik anak usiadini sebagai langkah awal untuk menapaki dunia pendidikan. Untuk itu kita sebagai seorang pendidik harus mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh anak usia dini secara umum. 

Adapun beberapa karakteristik umum yang muncul pada anak usia dini tersebut antara lain: rasa ingin tahu yang besar, merupakan pribadi yang unik, suka berfantas idan berimajinasi, masa paling potensial untuk belajar, menunjukkan sikap egosentris, mempunyai rentang daya konsentrasi yang pendek, sebagai bagian dari makhluk sosial (Us, 2013) Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pada usia tersebut bisa dikatakan sebagai the golden age, yaitu masa keemasan pada manusia seutuhnya yang membuat anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. 

Tugas utama seorang pengajar adalah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang mencakup kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan pembelajaran dilakukan berdasarkan rencana yang terorganisir secara sistematis yang mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang mencakup metode dan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan umpan balik pembelajaran. Selanjutnya anak akan mencapai tingkat perkembangan yang optimal apabila pembelajaran dilakukan memenuhi prinsipprinsip pembelajaran anak usia dini. Hartati (dalam Partana) mengungkapkan prinsipprinsip pembelajaran tersebut sebgai berikut. 

Berangkat dari yang dimiliki anak, Belajar harus menantang pemahaman anak, Belajar dilakukan sambil bermain, Menggunakan alam sebagai sarana belajar, Belajar dilakukan melalui sensori, belajar membekali keterampilan hidup, dan belajar sambil melakukan. Tujuan pembelajaran adalah tercapainya perubahan tingkah laku atau kompetensi pada anak setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu perkembangan anak yang sedang berkembang saat usia Taman Kanak-Kanak adalah kemampuan bahasa karena sebelum anak belajar pengetahuanpengetahuan lain, anak perlu menggunakan bahasa agar dapat memahaminya dengan baik. Bahasa merupakan alat komunikasi berupa lambang bunyi yang dihasilkan oleh
KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Previous
Next Post »
0 Komentar

.