Bagaimana Memulai Uji Regresi

Bagaimana Memulai Uji Regresi


nah, sobat sekalian yang telah menentukan uji apa yang akan digunakan untuk menguji hipotesa penelitian tentunya bertanya-tanya "langkah apa selanjutnya". Oh iya, buat kalian yang masih belum paham bagaimana menentukan metode pengujian hipotesa, misalkan pakai Anova kah, pakai regresi, pakai T-Tes atau pakai yang lainnya mungkin bisa membaca artikel kami yang berjudul "Bagaimana Memulai Proses Olah Data Statistik" dengan >>KLIK INI<< .

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang regresi, bagaimana memulainya. Buat kalin yang orang sosial atau ekonomi paling sering pakai uji ini. Akan tetapi, terkadang kita agak dibuat bingung, pilih regresi atau korelasi ya?? Korelasi dan regresi keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat. Setiap regresi pasti ada korelasinya, tetapi korelasi belum tentu dilanjutkan dengan regresi. Korelasi yang tidak dilanjutkan dengan regresi, adalah korelasi antara dua variabel yang tidak mempunyai hubungan kasual/sebab akibat, atau hubungan fungsional. Untuk menetapkan kedua variabel mempunyai hubungan kusal atau tidak, maka harus didasarkan pada teori atau konsep-konsep tentang dua variabel tersebut.

Sebagai contoh kita ingin mengetahui apa hubungan antara promosi dengan penjualan, dapat dikatakan sebagai hubungan yang kausal, hubungan antara leadership dengan Employee satisfaction dapat dikatakan hubungan yang fungsional, hubungan antara jerawat pada wajah  dengan jumlah  jumlah pacar bukan merupakan hubungan kausal maupun fungsional.

Kita gunakan analisis regresi bila kita ingin mengetahui bagaimana variabal dependen/kriteria dapat diprediksikan melalui variabel independen atu variabel prediktor, secara individual. Dampak dari penggunaan analisis regresi dapat digunakan untuk memutuskan apakah naik dan menurunnya variabel dependen dapat dilakukan melalui menaikan dan menurunkan keadaan variabel independen, atau meningkatkan keadaan variabel dependen dapat dilakukan dengan meningkatkan variabel independen/dan sebaliknya.

KLIK INI UNTUK MEMBACA SELENGKAPNYA
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

.